Masa Kehamilan Minggu ke-29 Hari ke-4

Sekarang ukuran bayimu sebesar labu madu

Bayi Hari Ini

Volume air ketuban mencapai puncaknya, yakni sekitar 800 ml. Ruang di air ketuban ini mirip dengan keadaan gravitasi nol, lho.

Bayi mengapung di dalam air ketuban dengan menekuk lutut, posisi ini mirip dengan posisi orang dewasa rileks saat dalam keadaan gravitasi nol.

Karena dalam keadaan tidak mendapatkan efek gravitasi, walaupun kepala bayi berada di bawah, tekanan darah tidak naik dan bayi dapat mengapung dengan nyaman.

Untuk Bunda Hari Ini

Salah satu persoalan ibu pada masa ini adalah “inkontinensia urine” (ketidakmampuan seseorang dalam menampung banyak urine)” dan “residual urine” (sisa urine yang tertinggal di dalam buli-buli).

Hal ini terjadi karena turunnya kemampuan kontraksi kandung kemih yang disebabkan merenggangnya otot di sekitar kantong kemih akibat efek hormon.

Karena kemampuan kontraksi kantong kemih turun, maka saat otot badan mengencang misalnya ketika bersin, mungkin akan terjadi inkotinensia urine.

Kemudian, terjadi pula residual urine karena tidak bisa mengeluarkan semua urine yang seharusnya keluar. Penanganan dari gejala ini adalah dengan rajin-rajin ke toilet dan kosongkan isi kantong kemih dan berlatihlah senam Kegel. Hindari menahan buang air!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *