Masa Kehamilan Minggu ke-31 Hari ke-4

Di minggu ini, ukuran bayimu sebesar kelapa.

Bayi Hari Ini

Bagi bayi pun perut ibu sudah terasa semakin sempit. Saat bayi mengulurkan tangannya, perut akan terdorong dengan tenaga yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada ruang yang cukup di rahim untuk bayi bergerak bebas.

Kadang-kadang, mungkin Bunda akan terkejut dengan bentuk perut yang aneh, atau bisa melihat bentuk kaki di perut. Namun karena merupakan pertanda pertumbuhan yang baik, maka tidak perlu khawatir.

Untuk Bunda Hari Ini

Bagi Bunda yang berat badannya meningkat drastis, maka harus waspada. Ada Bunda yang mengalami mual di masa akhir kehamilan, tetapi ada juga ibu yang makan terlalu banyak. Bila Bunda tidak mendapatkan peringatan dari dokter, maka tidak masalah. Akan tetapi, bila mendapat peringatan, maka segeralah ambil tindakan untuk mengatasinya.

Pertama-tama hindari snack gorengan yang berkalori tinggi dan makanan yang manis-manis. Camilan di tengah malam pun dilarang. Saat makan, bila dikunyah dengan baik, maka akan membuat Bunda kenyang lebih lama. Dibandingkan beras putih, beras cokelat membuat kenyang lebih lama. Beras ini juga baik untuk kelancaran buang air besar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *