Masa Kehamilan Minggu ke-31 Hari ke-6

Di minggu ini, ukuran bayimu sebesar kelapa.

Bayi Hari Ini

Tulang tengkorak terdiri dari beberapa lempengan tulang. Tulang tengkorak orang dewasa merupakan gabungan dari beberapa lempengan tulang yang menjadi satu, sementara tulang tengkorak bayi merupakan beberapa lempengan tulang yang hanya tersambung dengan lapisan yang tipis.

Agar bayi dapat melewati jalan lahir yang sempit, ia akan keluar sambil mengubah-ubah bentuk kepalanya dengan melipat-lipat lempengan tengkoraknya. Padahal tidak ada yang memberitahukannya, tetapi tubuh bayi dan Bunda sepertinya mengetahui cara persalinan, ya.

Untuk Bunda Hari Ini

Pada masa akhir kehamilan, akan dilakukan pemeriksaan GBS sebanyak 1 kali. GBS adalah bakteri Streptokokus Grup B. Bakteri ini biasanya bersarang pada vagina, dan sekitar 10 % dari ibu hamil memiliki bakteri ini. Bakteri ini sendiri bukanlah bakteri yang buruk, bakteri ini bersarang di penjuru tubuh dan tidak memberikan gejala buruk tertentu.

Akan tetapi, bila bayi yang akan lahir terinfeksi bakteri ini di jalan lahir, maka meningkatkan kemungkinan bayi mengalami meningitis bakteri atau radang paru-paru, sehingga pemeriksaannya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan pelvis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *