Masa Kehamilan Minggu ke-37 Hari ke-1

Minggu ini, ukuran bayi Anda sepanjang swiss chard.

Bayi Hari Ini

CRL bayi akan menjadi 47-49 cm dengan berat badan 2.200-3000 g. Bayi yang tergolong kecil pun sudah melewati 2.000 g. Organ-organ dalam sudah sempurna, sehingga ia bisa menghasilkan insulin sendiri. Insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme glukosa dan menjaga kadar glukosa pada angka tertentu.

Bila Bunda terlalu banyak makan makanan yang manis, bayi bisa memproduksi insulin yang berlebihan sehingga terlalu banyak mengisap glukosa. Batasi konsumsi makanan yang manis agar berat badan bayi tidak terlalu berat.

Untuk Bunda Hari Ini

Ibu telah memasuki masa di mana lendir bercampur darah bisa muncul kapan saja. Darah di lendir ini adalah pendarahan yang disebabkan oleh mengelupasnya membran telur yang menyelimuti bayi dari lapisan dalam rahim, atau terbukanya mulut rahim. Ini merupakan pertanda persalinan akan dimulai.

Kebanyakan terjadi beberapa hari sebelum dan sesudah HPL, akan tetapi, banyaknya, warna, dan frekuensi lendir ini keluar berbeda bagi setiap ibu. Ada persalinan yang mulai didahului dengan tanda lendir ini, dan ada persalinan tidak kunjung terjadi setelah munculnya lendir ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *