Perkembangan Si Kecil Saat Berusia 3 Bulan

Saat menginjak usia 3 bulan, perkembangan bayi sangatlah pesat. Bahkan berat badan bayi bisa mencapai dua kali lipat dari berat badannya saat lahir. Pada usia ini, bayi sudah memiliki siklus tidur yang teratur, bahkan perkembangan motoriknya juga telah berkembang dengan pesat. Seperti apa perkembangan bayi di usia 3 bulan ini? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Berat Badan Bertambah

Pertambahan berat badan dan tinggi anak berbeda. Namun umumnya, saat menginjak usia 3 bulan, berat badan bayi berjenis kelami laki-laki umumnya mencapai 4-6 kg dengan panjang sekitar 53-58 cm dan lingkar kepala rata-rata 41,3 cm. Sementara itu, berat badan perempuan berkisar antara 3,8 kg–5,5 kg dengan panjang sekitar 52-56 cm dan lingkar kepala sekitar 40,2 cm.

Pada masa ini, bisa dikatakan tingkat pertumbuhan paling cepat pada bayi karena berat badannya bisa mencapai dua kali lipat dari berat badannya saat lahir. Tak heran, saat usianya menginjak 3 bulan, paha dan pipinya akan terlihat lebih gemuk. Begitupun dengan lipatan-lipatan di pergelangan tangan, kaki, dan juga pahanya.

Siklus Tidur Teratur

Selain beratnya yang terus bertambah, saat menginjak usia 3 bulan, siklus tidur bayi terbilang sudah mulai teratur. Pada usia ini, bayi membutuhkan tidur sekitar 13-15 jam dalam sehari dengan waktu tidur malam lebih lama dibanding bulan sebelumnya. Idealnya, bayi usia 3 bulan tidur 3-4 jam di siang hari dengan lama waktu tidur 30 menit hingga satu jam.

Sementara sisanya lebih banyak tertidur di malam hari. Nah, agar si Kecil terbiasa tidur di malam hari atau memiliki ritme tidur yang teratur, disarankan untuk menerangkan pencahayaan di pagi hari. Sebaliknya, pada malam hari redupkan pencahayaan di ruang tidur bayi.

Penglihatan dan Pendengaran Mulai Berkembang

Saat menginjak usia 3 bulan, penglihatan bayi sudah lebih fokus sehingga ia akan gemar melihat objek-objek yang bergerak. Pada usia ini, otaknya juga mulai mengenali jenis-jenis warna sehingga ketertarikannya dengan warna yang cerah akan terlihat.

Pada usia 3 bulan, pendengarannya terus mengalami perkembangan. Bayi akan terlihat senang ketika diajak berbicara ataupun saat Bunda menyanyikan sebuah lagu untuknya.

Pergerakkan Tangan Lebih Aktif

Saat berusia 3 bulan, Si Kecil akan senang memainkan jari-jarinya. Ia akan mengamati jari-jari, menggerakkannya, membuka dan menutup jari-jari, hingga memasukkannya ke dalam mulut. Pada usia ini, bayi akan mulai mencoba meraih mainan dengan tangannya. Jadi, coba gerakan mainan kerincingan di dekat Si Kecil dan lihat reaksinya saat menggapai mainan tersebut.

Leher Semakin Kuat

Memasuki usia 3 bulan, leher bayi juga sudah semakin kuat. Saat menggendongnya, bayi akan terlihat menggerakkan kepalanya. Saat ditelungkupkan pun demikian, Si Kecil akan terlihat berusaha mengangkat kepalanya meski itu hanya sebentar.

Meski di usia ini bayi sudah bisa menggerakkan kepalanya, Bunda tetap disarankan untuk menopang kepala Si Kecil dengan baik saat menggendongnya. Saat telungkup pun demikian. Disarankan untuk menelungkupkan bayi beralaskan karpet agar ia tidak terbentur.

Merespons Ucapan Ibu

Selain senang mendengar ibu bernyanyi, pada usia ini bayi sudah mulai mengeluarkan sedikit suara ketika digoda. Bayi sudah mulai mengoceh, dan saat ajak bicara pun ia sudah mulai bisa mengeluarkan suara seolah menjawab pertanyaan. Bahkan, respons berupa tertawa akan Bunda dapati saat mengajak Si Kecil berbicara.

Lebih Ekspresif

Saat menginjak usia 3 bulan, selain menangis, bayi sudah mulai bisa mengekspresikan emosinya dengan cara lain. Bayi sudah mulai memberikan reaksi berupa tertawa saat senang atau diajak bicara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *