Perkembangan Si Kecil Saat Berusia 11 Bulan

Selain kenaikan berat badan, tinggi badan dan siklus tidur yang mulai teratur, ada beberapa perkembangan bayi 11 bulan yang perlu Bunda tahu. Berikut di antaranya:

Berat Badan Bertambah

Pertambahan berat badan dan tinggi badan bayi bisa menjadi pertanda bahwa bayi tumbuh sehat. Bayi laki-laki berusia 11 bulan, umumnya memiliki berat badan sekitar 8,3 kg–10 kg dengan tinggi badan sekitar 69–79 cm. Bayi perempuan memiliki berat yang sedikit lebih rendah, yaitu sekitar 7,7 kg–8,5 kg dengan tinggi badan sekitar 67-76 cm.

Pertambahan berat dan tinggi badan Si Kecil dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diperolehnya. Jika asupan nutrisi Si Kecil tidak tercukupi dengan baik, pertambahan berat badannya bisa menjadi kurang optimal. Bunda disarankan untuk memantau pertambahan berat badan dan tinggi badan Si Kecil secara berkala agar tumbuh kembangnya terpantau dengan baik.

Siklus Tidur Sudah Teratur

Pada usia ini, siklus tidur bayi umumnya sudah teratur, apalagi jika Bunda sudah menerapkan pola tidur yang baik pada usia sebelumnya. Jika pola tidur bayi usia 11 bulan belum teratur, tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola tidur yang baik.

Penerapannya sebenarnya tidak sulit, karena Bunda dapat mengatur ritme tidur bayi 11 bulan dengan menerapkan hal-hal berikut ini:

  • Biasakan Si Kecil untuk bangun di pagi hari yaitu sekitar pukul 07.00 – 08.00. Untuk membangunkan Si Kecil, bukalah horden agar cahaya masuk. Dengan begitu, bayi akan terbangun dengan sendirinya.
  • Setelah terbangun, mandikan. Lalu 30 menit setelah mandi, berikan Si Kecil MPASI. Usahakan untuk memberikannya di jam yang sama.
  • Ajak bermain di siang hari. Jika bayi merasa lelah, biarkan ia menikmati waktu tidur siangnya. Namun, hindari menidurkan bayi pada sore hari atau jam mendekati waktu tidur malamnya.
  • Tentukan jam tidur bayi. Usahakan untuk menidurkan bayi sebelum jam 9 malam. Agar bayi dapat segera tertidur, redupkan lampu kamarnya.

Bayi Semakin Mengerti Kata-kata

Saat usianya menginjak 11 bulan, bayi akan semakin “mengerti” apa yang Bunda dan Ayah katakan. Ia bahkan dapat membalas apa yang kalian katakan meski ucapan yang dikeluarkannya belumlah jelas. Jadi, ajak Si Kecil berbicara ya, agar kemampuannya terus berkembang.

Lebih Ekspresif

Si Kecil akan lebih ekspresif dibanding bulan sebelumnya. Ia akan memperlihatkan rasa tidak sukanya terhadap sesuatu, baik dengan ekspresi ataupun gerakan badan dan tangannya. Nah, karena sudah lebih ekspresif, Si Kecil terkadang menjadi rewel atau tantrum terhadap apa yang diinginkannya.

Sikapnya yang rewel merupakan bentuk komunikasi dalam menyampaikan apa yang dirasakannya, karena ia belum bisa mengungkap apa yang diinginkannya dengan kata-kata. Jika anak rewel atau mengalami tantrum, jangan emosi dan cobalah untuk bersikap tenang. Dengarkan dan amati apa yang diinginkan bayi agar Bunda dapat merasakan dan mengetahui apa keinginannya.

Mulai Dapat Berjalan

Pada usia ini, bayi mulai dapat berjalan sambil berpegangan. Ia sudah mulai bisa berjalan selangkah demi selangkah dan berdiri sambil berpegangan tangan.

Ujung Jarinya Semakin Kuat

Tak hanya kakinya, ujung jari tangan bayi juga akan semakin kuat, Bun. Bayi mungkin sudah dapat dapat minum dengan memegang gelas sendiri dan juga menumpuk balok kayu karena jari-jarinya semakin kuat.

Bayi juga sudah mulai bisa memencet tombol atau membuka dan menutup sesuatu sehingga perlu diawasi dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *