Perkembangan Si Kecil Saat Berusia 7 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, Bumil harus memperhatikan pergerakan Si Kecil dengan baik. Sebab pada usia ini, pergerakan bayi akan lebih aktif, begitu pun dengan ekspresinya yang semakin beragam. Saat menginjak usia 7 bulan, ada beberapa “aturan” yang perlu perhatikan dalam merawat Si Kecil. Tujuannya tak lain agar tumbuh kembangnya tersokong dengan baik.

Berat Badan Bayi 7 Bulan

Pertambahan berat badan dan tinggi badan akan terus terjadi di masa pertumbuhannya. Bayi laki-laki berusia 7 bulan, umumnya memiliki berat badan sekitar 7-10 kg dengan tinggi badan sekitar 65–73 cm. Bayi perempuan berusia 7 bulan memiliki berat yang tidak terlalu berbeda, yaitu sekitar 6–9,5 kg. Tingginya juga demikian, yaitu berkisar antara 63-71 cm.

Berat badan dan tinggi badan tersebut bukanlah ukuran mutlak dari perkembangan Si Kecil. Sebab, anak bisa saja memiliki bobot tubuh yang lebih besar dibandingkan bayi lainnya, atau sebaliknya. Bunda tak perlu merasa berkecil hati dengan perbedaan yang ada. Hal ini karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda. Selama pertumbuhan Si Kecil terpantau dengan baik, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Siklus Tidur Bayi 7 Bulan

Sama halnya dengan berat badan dan tinggi badan, siklus tidur bayi 7 bulan tidak bisa dipukul rata. Hanya saja pada usia ini, umumnya bayi membutuhkan waktu tidur selama 12 hingga 15 jam dalam sehari. Pada usia ini, waktu tidur bayi di malam hari terbilang lama, yaitu bisa mencapai 10 jam.

Namun terkadang, bayi bisa terbangun dan menangis tanpa alasan yang jelas. Yang perlu Bunda lakukan saat Si Kecil menangis di malam hari di tengah tidurnya yang nyenyak adalah menenangkannya, menggendongnya, atau memberikannya susu, karena bisa jadi bayi merasa lapar.

Adapun pada siang harinya, bayi menghabiskan waktunya untuk bermain. Namun biasanya, bayi juga bisa tertidur 2-3 kali di kala siang dengan durasi tidur sekitar setengah sampai dua jam. Bunda disarankan untuk menyempatkan diri untuk berisitrahat sejenak saat Si Kecil tertidur agar Bunda mendapatkan istirahat yang cukup.

Bayi Dapat Duduk

Pada usia ini, umumnya bayi sudah mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang. Namun, tidak semua bayi dapat melakukan hal tersebut di usia 7 bulan karena perkembangan setiap anak berbeda-beda.

Merangkak dengan Jarak yang Cukup Jauh

Setelah berusia 7 bulan, hal-hal yang bisa dilakukan Si Kecil bisa meningkat secara dratis. Jika Si Kecil sebelumnya sudah bisa merangkak, maka pada usia ini, kemampuan merangkaknya akan lebih berkembang. Ia mungkin sudah bisa merangkak dengan jarak yang lebih jauh dibanding bulan sebelumnya.

Mulai Berdiri atau Merambat

Selain duduk dan merangkak, sebagian anak juga sudah dapat berdiri. Bahkan beberapa di antaranya sudah dapat mulai berjalan merambat pada tembok atau benda yang berada di sekitarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *