Perkembangan Si Kecil Saat Berusia 2 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, bayi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Seperti apa perkembangannya? Yuk, baca penjelasannya di bawah ini.

Bayi Mulai Dapat Melihat dengan Jelas

Saat usia Si Kecil menginjak 2 bulan, kedua matanya sudah mulai dapat melihat dengan jelas sehingga matanya akan bergerak mengikuti objek yang sedang Bunda gerakkan di depannya meski belum secara sempurna.

Bunda perlu untuk menggerakkan suatu objek secara perlahan agar mata Si Kecil dapat mengikuti arah gerakan tersebut secara perlahan pula. Adapun pada usia ini, mata bayi juga sudah lebih sensitif terhadap cahaya sehingga perlu untuk meredupkan lampu tidur saat malam tiba.

Berat Badan Berkembang

Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, begitupun dengan kenaikan berat badan dan tinggi badan anak. Pada 6 bulan pertama bayi, kenaikan berat badannya umumnya sekitar 0,5–1 kg pada setiap bulannya.

Pada usia 2 bulan, bayi laki- laki umumnya memiliki berat sekitar 3,8–5 kg dengan tinggi sekitar 54,5–63,2 cm. Sementara bayi perempuan, memiliki berat sekitar 3,6–4,8 kg dengan tinggi sekitar 53,3–61, 7 cm. Pada usia 2 bulan, pipi dan paha bayi akan terlihat lebih gembul. Begitupun dengan lipatan tangan dan kakinya.

Siklus Tidur Berbeda

Menginjak usia 2 bulan, bayi umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 14-15 jam dalam sehari. Namun pada usia ini, bayi sudah mulai bisa membedakan antara siang dan malam. Bayi bisa terbangun di siang hari dalam waktu yang lama, dibandingkan saat usia 1 bulan.

Meski pada usia ini Si Kecil mulai sedikit bisa membedakan siang dan malam, Bunda tetap harus melatihnya untuk tertidur di malam hari dan terbangun di siang hari. Caranya adalah dengan meredupkan kamar tidur di malam hari dan biarkan ruangan tidurnya tetap terang di siang dan pagi hari. Bunda juga perlu untuk menjemur Si Kecil di pagi hari agar ia terbangun sekaligus mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari.

Lincah dan Mudah Tertawa

Setelah menginjak usia 2 bulan, bayi tak hanya terlihat lebih bulat, tetapi juga akan menjadi lebih lincah. Pada usia ini, perkembangan bayi terbilang cukup cepat. Bunda mungkin sudah bisa melihat Si Kecil tertawa saat usianya menginjak 2 bulan. Pada usia ini, bayi mungkin akan mengeluarkan senyum atau tawanya saat digendong ataupun diangkat.

Meski bayi pada usia ini ada yang sudah bisa tertawa, Bunda tak perlu khawatir jika Si Kecil belum mengalaminya. Hal ini karena ada pula bayi yang baru mulai mengembangkan tawanya ketika usianya menginjak 6 bulan.

Bayi juga lebih aktif dibanding bulan sebelumnya. Pergerakan kaki dan tangannya akan begitu aktif dibandingkan bulan sebelumnya. Bayi mungkin dapat “menendang” kasur dengan kakinya, meski tendangan tersebut masih sangatlah pelan.

Selain pergerakan kakinya, gerakan tangan bayi juga mulai aktif. Bunda mungkin akan sering melihat Si Kecil menatap tangannya dengan serius. Kebiasaan ini biasanya dialami bayi saat usianya menginjak 2 bulan dan berlangsung hingga usia 4 bulan.

Bayi juga sudah mulai memasukkan tangannya ke mulut dan mengisapnya. Atau menggerakkan tangan sesuai keinginannya karena bagi bayi, ini merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *