Perkembangan Bunda 1 Bulan Setelah Melahirkan

Saat 1 bulan setelah melahirkan, kelahiran sang buah hati membawa berbagai macam perubahan pada hidup ibu. Bunda mungkin perlu untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada agar semuanya dapat berjalan secara semestinya.

Setelah 1 bulan melahirkan, kondisi fisik dan mental para ibu akan mengalami perubahan yang cukup besar. Perubahan yang ada bahkan bisa membuat ibu alami depresi, jika segalanya tidak tertangani dan dikelola dengan baik.

Berikut beberapa perubahan tubuh ibu setelah satu bulan melahirkan.

Kram atau Nyeri Perut

Selama beberapa hari setelah melahirkan misalnya, ibu dapat mengalami kram atau nyeri perut. Kondisi ini terjadi karena rahim tengah berkontraksi untuk mengembalikan bentuk rahim ke ukuran semula. Kontraksi rahim tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya perdarahan setelah melahirkan.

Perdarahan

Perdarahan setelah melahirkan ini akan dialami oleh ibu setelah persalinan, baik itu yang melahirkan secara normal ataupun caesar. Keluarnya darah dari vagina setelah melahirkan merupakan cara tubuh untuk membuang lapisan rahim dan darah.

Perdarahan yang terjadi setelah melahirkan umumnya terjadi selama 2-6 minggu atau sesuai dengan kondisi kesehatan ibu. Darah nifas yang keluar setelah persalinan umumnya cukup deras dan berwarna merah terang. Namun seiring berjalannya waktu, darah akan berwarna krem dan berhenti dengan sendirinya.

Meski perdarahan setelah melahirkan merupakan hal yang normal, ibu disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika mengalami perdarahan yang parah. Juga jika darah yang keluar berbau tidak sedap, berupa gumpalan darah berukuran besar, hingga merasa pusing dan ingin pingsan.

Payudara Membengkak

Satu bulan pasca melahirkan, secara bertahap ASI sudah terproduksi. Namun, si Kecil belum pintar dan belum bisa minum banyak sehingga produksi ASI yang berlebih ini dapat membuat payudara ibu menjadi bengkak.

Apabila ibu merasakan payudara terasa penuh, disarankan untuk memeras ASI tersebut. Ini untuk merangsang produksi ASI sehingga ibu tidak mengalami kekurangan ASI selama program menyusui.

Nyeri pada Luka Operasi

Ibu yang melahirkan secara caesar juga akan merasakan keluhan lain, yakni berupa rasa nyeri atau sakit pada luka bekas operasi. Biasanya penyembuhan luka operasi caesar akan berlangsung selama 4-6 minggu. Namun untuk sembuh total bisa memakan waktu hingga 3 bulan, bergantung pada kondisi ibu.

Perubahan Bentuk Perut

Jika sebelum hamil bentuk perut ibu rata, kemungkinan perut mengalami perubahan seperti terlihat lebih buncit dari sebelumnya. Namun tak perlu khawatir, bentuk perut bisa menjadi tidak buncit jika ibu rutin melakukan olahraga setelah persalinan. Juga menjaga pola makan dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *