Perkembangan Bunda 6 Bulan Setelah Melahirkan

Pasca 6 bulan melahirkan, sebagian besar ibu akan mulai memerhatikan penampilannya. Ibu yang memiliki berat badan berlebih misalnya, akan mencari cara supaya berat yang dimilikinya dapat berkurang, atau bahkan kembali seperti sebelum hamil.

Di tengah pesatnya perkembangan si Kecil, ada beberapa keluhan yang mungkin masih ibu rasakan setelah 6 bulan melahirkan. Keluhan yang dialami beragam, mulai berat badan yang sulit turun, hingga rambut rontok yang tak kunjung membaik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Rambut Rontok

Pasca 6 bulan melahirkan, keluhan rambut rontok masih dialami sebagian ibu. Ibu yang pertumbuhan rambutnya mengalami peningkatan atau menjadi lebih tebal saat hamil, cenderung akan mengalami kerontokan yang lebih parah dibandingkan yang lainnya.

Hal ini dipicu oleh perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan. Juga bisa pula disebabkan karena kurangnya asupan makanan bergizi, kurang tidur, dan stres. Umumnya, kerontokan yang dialami ini, akan mereda setelah melewati 6 bulan. Namun jika lebih dari 6 bulan masih terjadi atau bertambah parah, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

Berat Badan Tidak Kunjung Turun

Sebagian dari Bunda mulai memerhatikan bentuk badan dan merasa kurang percaya diri dengan berat badan yang dimilikinya kini. Ibu yang mengalami hal ini tidak perlu melakukan diet yang ketat. Namun ubah gaya hidup dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga di tengah aktivitas merawat anak dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika ibu merasa tidak punya waktu untuk melakukan olahraga, lakukan olahraga sambil mengurus anak. Salah satu gerakan olahraga yang bisa ibu terapkan adalah dengan melakukan gerakan squat sambil menggendong anak.

Perut Buncit

Selain berat badan yang tak kunjung turun, keluhan lain terkait penampilan yang umum dialami setelah melahirkan adalah perut buncit. Sebagian perempuan yang mengalami perut buncit setelah melahirkan merasa kurang percaya diri mengenakan pakaian tertentu karena tampilan perut yang masih terlihat buncit.

Ibu yang mengalami masalah ini disarankan untuk melakukan olahraga rutin agar tampilan perut dapat kembali menjadi rata. Juga disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, dan mengonsumsi air putih yang cukup.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *