Tips untuk Bunda Saat Si Kecil Berusia 12 Bulan

Perhatikan Perkembangan si Kecil

Ibu memang harus memerhatikan perkembangan si Kecil dengan baik. Perkembangan yang harus dipantau tidak hanya sekedar pertambahan berat badan dan tinggi badannya saja, tapi perkembangan motorik dan sensorik anak juga harus diperhatikan.

Bayi berusia 12 bulan umumnya sudah mulai belajar berjalan dan dapat berbicara lebih jelas dibandingkan usia sebelumnya. Bayi juga sudah bisa “mengungkapkan” apa yang diinginkannya sehingga penting untuk mempelajari apa yang “diungkapkannya”.

Perhatikan Asupan Makanannya

Jika bayi sudah berhenti menyusu, maka perhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya dengan baik. Bayi 12 bulan harus mengonsumsi makanan yang lebih variatif agar kebutuhan gizi dan nutrisi hariannya dapat terpenuhi dengan baik.

Perhatikan Gerakan si Kecil

Seperti yang disebutkan di atas, bayi 12 bulan sudah dapat melakukan banyak hal, sehingga penting untuk memerhatikan pergerakannya dengan baik. Bayi juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga penting untuk menjauhi barang-barang berbahaya dari jangkauan si Kecil. Jadi, selalu perhatikan pergerakannya untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin bisa mengganggu keselamatan si Kecil.

Periksakan Kesehatannya secara Berkala

Pemeriksaan kesehatan di puskemas atau rumah sakit terdekat dapat membantu ibu memantau kesehatan dan perkembangan si Kecil dari waktu ke waktu.

Jaga Kesehatan Ibu

Meski telah terbiasa dengan kehidupan mengurus anak, bekerja, dan melakukan pekerjaan rumah di “waktu yang sama”, ibu tetap harus menjaga kesehatan dengan baik. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

<youtube>https://www.youtube.com/embed/z85LLVo0iI4</youtube>

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *