Bagaimana agar Pola Tidur Bayi Baru Lahir Teratur?

bolehkah bayi tidur tengkurap

Pernah dengar ungkapan “tidur seperti bayi”? Berbeda dengan arti ungkapan tersebut, bayi termasuk bayi baru lahir, tidak selalu tidur pulas dan nyenyak. Bahkan sepertinya mereka sangat mudah terbangun dan sering kali menangis berjam-jam.

Akibatnya, orang tua pun mengalami kurang tidur. Ini membuat setiap ibu baru bertanya-tanya: adakah cara agar pola tidur bayi lahir lebih teratur? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya. 

Berapa Banyak Waktu Tidur yang Dibutuhkan oleh Bayi Baru Lahir?

Selama beberapa bulan pertama kehidupan bayi, biasanya mereka akan menghabiskan 15-16 jam setiap hari untuk tidur.

Namun tidur terbagi dalam segmen-segmen yang pendek. Semakin bertambah usia, jumlah jam tidur mereka semakin berkurang. Akan tetapi durasi tidur di malam hari akan meningkat. 

Pada dasarnya, bayi baru lahir akan tidur 8 hingga 9 jam di siang hari dan sekitar 8 jam di malam hari. Namun, pada biasanya mereka akan terbangun setiap satu hingga dua jam.

Mayoritas bayi akan mulai tidur sepanjang malam (6 hingga 8 jam) tanpa terbangun setelah berusia 3 bulan. Sekitar dua pertiga bayi bisa tidur sepanjang malam secara teratur saat sudah berusia 6 bulan.

Berikut adalah kebutuhan tidur bayi dari baru lahir hingga berusia 2 tahun menurut Academy of Sleep Medicine.

Bagaimana Pola Tidur Bayi Baru Lahir?

Ada beberapa hal yang perlu ibu ketahui tentang pola tidur bayi baru lahir, di antaranya:

1. Bayi tidak pernah tidur lama 

Bayi baru lahir tidur dalam durasi pendek—biasanya antara 30 menit hingga 2 jam baik siang maupun di malam hari.

2. Bayi mudah terbangun

Salah satu penyebabnya adalah mereka menghabiskan sebagian besar waktu tidur mereka dalam moda “tidur aktif”, yaitu kondisi tidur ringan yang ditandai dengan kelopak mata berkedip; napas yang cepat dan tidak teratur; gerakan tubuh yang sering; dan vokalisasi (dengkuran atau tangisan pendek). 

3. Waktu tidur mereka bervariasi

Meski bayi baru lahir rata-rata memiliki waktu tidur 16 hingga 18 jam, tapi pada kenyataannya waktu tidur mereka bervariasi. Ada bayi berumur 4 minggu yang hanya tidur 9 dari 24 jam, sementara yang lain 19 jam dalam sehari. 

Apakah perlu khawatir jika pola tidur bayimu tidak seperti bayi kebanyakan? Tidak selalu. Namun jika khawatir dengan pola tidur si buah hati, segera diskusikan dengan dokter.

4. Mereka belum memiliki ritme sirkadian yang kuat

Saat masih berada di dalam rahim, janin mengikuti ritme fisiologi sang ibu. Namun setelah lahir, koneksi terputus dan bayi harus mengembangkan ritme sirkadian mereka sendiri.

Mayoritas bayi membutuhkan sekitar 12 minggu untuk mengerti perbedaan siang dan malam. Dan sebagian besar bayi mungkin memerlukan 3-5 bulan sebelum akhirnya “nyenyak” di malam hari, yakni tidur lebih dari 5 jam tanpa terbangun. 

Kapan Bayi Harus Dibangunkan untuk Menyusu?

Pemberian ASI/susu yang sering dan teratur sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi baru lahir agar mencapai berat badan sesuai dengan grafik pertumbuhannya.

Berikut adalah jadwal yang bisa dijadikan panduan: 

  • Bayi baru lahir: beri ASI setiap 2 hingga 4 jam
  • Berumur 2 bulan: beri ASI setiap 3 hingga 4 jam
  • Berusia 4 bulan: beri ASI setiap 4 jam

Namun tentunya setiap anak akan mempunyai pola makan yang berbeda-beda. Jadi pemberian jadwal menyusui pada bulan-bulan pertama adalah ad libitum yang berarti sesuai dengan kemauan bayi.

Adakah Posisi Tidur Terbaik untuk Bayi Baru Lahir?

Penelitian menemukan kaitan antara Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) dengan bayi yang yang tidur telungkup. Oleh karenanya, para ahli setuju bahwa posisi telentang adalah posisi tidur teraman untuk bayi. 

Berikut rekomendasi kondisi tempat tidur bayi baru lahir menurut American Academy of Pediatrics

  • Tidurkan bayi dengan posisi telentang pada matras yang kokoh dan pas dengan kerangka tempat tidur bayi. 
  • Singkirkan bantal, selimut, mainan dan produk lembut lainnya dari tempat tidur bayi. 
  • Jika memakai selimut,  selipkan selimut tipis di sekitar matras, tapi pastikan hanya sebatas dada bayi.
  • Pastikan kepala bayi tidak tertutup selama tidur. 
  • Jangan menidurkan bayi di sofa, waterbed, matras lembut, bantal, atau permukaan lembut lainnya. 
  • Pertimbangan untuk menggunakan empeng saat jam tidur (tapi jangan dipaksa jika bayi tidak mau). Beberapa peneliti menunjukkan empeng mengurangi risiko SIDS. (Ibu menyusui harus menunggu bayi berumur 1 bulan atau setelah bayi mahir minum ASI sebelum menawarkan empeng.)

Bagaimana Membantu Bayi agar Memiliki Pola Tidur Lebih Teratur?

Berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu si Kecil memiliki pola tidur teratur:

Kenali tanda-tanda mengantuk 

Bayi baru lahir belum bisa mengatur pola tidur dan bangunnya sendiri, terutama kapan harus tidur. Orang tua bisa membantu si Kecil dengan memperhatikan tanda-tanda kapan bayi siap tidur. Beberapa tandanya adalah menggosok-gosok mata, menguap, pandangan tidak fokus, dan rewel. 

Kurangi stimulan di malam hari

Ketika bayi terbangun di malam hari untuk menyusui, pastikan aktivitas yang terjadi di sekitarnya tidak terlalu banyak. Minimalisir suara dan hindari menggerak-gerakkan bayi. Hal ini akan membuatnya belajar bahwa malam adalah waktu tidur. 

Pastikan bayi terpapar sinar yang cukup

Keberadaan sinar akan memengaruhi pola tidur bayi dan ritme sirkadiannya. Hal praktis yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah mematikan lampu di malam hari atau memastikan bayi terpapar sinar matahari pada pagi/siang hari

Berikan ASI sebelum tidur

ASI mengandung tryptophan, sebuah asam lemak yang digunakan tubuh untuk memproduksi melatonin (hormon yang membantu kita tidur).

Level tryptophan naik dan turun mengikuti ritme sirkadian ibu, dan ketika bayi mengonsumsi tryptophan sebelum tidur, mereka akan tidur lebih cepat.

Bagaimana Menghadapi Bayi yang Mudah Terbangun?

Berbeda dengan anak yang lebih tua (dan orang tua) yang bisa tidur dengan nyenyak selama berjam-jam, bayi baru lahir sering bergerak dan terbangun. Penyebabnya adalah setengah dari tidur mereka berada dalam tahap REM (rapid eye movement), yakni periode di mana bayi bermimpi dan mengeluarkan suara.

Situasi ini bisa membuat orang tua berpikir bayi sudah bangun, padahal sebenarnya mengalami REM. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bayi tetap tertidur. 

  1. Jangan buru-buru mengangkat atau membangunkan bayi. Saat tidur, bayi memang sering bergerak dan mengeluarkan suara. Jika suara dan aktivitas di sekitarnya bisa diminimalisir, bayi mungkin akan kembali tertidur. 
  2. Beri susu (ASI atau formula) dalam porsi besar sebelum tidur. Cara ini akan mendorong bayi untuk tidur lebih lama. 
  3. Jika bayi minum susu formula, pastikan mengandung DHA. Ini adalah asam lemak yang ditemukan di minyak ikan dan makanan lainnya. DHA penting untuk membantu perkembangan otak, dan membuat bayi tidur lebih nyenyak. 

Pola tidur bayi merupakan sesuatu yang sering membuat orang tua khawatir dan stres, sehingga menjadikan mereka semakin level.

Namun sebenarnya selama si Kecil terlihat bahagia dan beristirahat dengan baik, Anda tidak perlu khawatir dengan jadwal, pola dan kebiasaan tidurnya, terutama di awal usia.

A good sleeper” pada seorang bayi adalah bayi yang terbangun sering sesuai dengan pola tidurnya tapi dapat tidur kembali dengan baik.

Oleh karena itu orang tua dapat membantu bayi tidur kembali dengan cara menggendong, menyusui ataupun menggunakan empeng. Segala sesuatu akan lebih baik dan berjalan mulus saat bayi bertambah usia dan Anda mulai terbiasa dengan peranmu sebagai ibu baru. 

Sumber: 

  • Healthy Children, 2013. Stages of Newborn Sleep.
  • University of Rochester Medical Centre. Newborn Sleep Patterns.
  • Dewar, Gwen Ph.D. Parenting Science, 2020. Newborn sleep patterns: A survival guide for the science-minded parent.
  • Stanford Children’s Health. Newborn Sleep Patterns.
  • Stanford Children’s Health. Infant Sleep.
  • Children’s Hospital of Philadelphia. Newborn-Sleep Patterns.
  • NHS, 2018. Helping your baby to sleep.
  • WebMD, 2019. How to Set Good Sleep Patterns for Your Baby.
  • Crider, Catherine. Healthline, 2019. Your Baby’s Sleep Schedule in the First Year.
  • O’Connor, Amy. What to Expect, 2020. A Guide to Your Baby’s Sleep Patterns.
  • O’Connor, Amy. What to Expect, 2020. Newborn and Baby Sleep Basics.

By dr. Arnold Soetarso, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *