Daily Baby Month-1 Day-29

Feses Bayi Berwarna Hijau, Bahayakah?

Pada masa pertumbuhannya, normal bila feses bayi berubah dalam hal warna maupun ukuran. Feses bayi yang baru lahir berwarna hitam disebut mekoneum, kemudian berubah menjadi hijau gelap, kemudian kuning dalam waktu seminggu.

Saat feses bayi berwarna hijau, ada pertanda bahwa pencernaan bayi lambat (mungkin karena bayi makan lebih banyak dari biasanya), atau bayi mendapat lebih banyak foremilk (ASI depan) dibandingkan hindmilk (ASI belakang), kandungan sayur yang dimakan Bunda, alergi, antibiotik, atau perawatan penyakit kuning yang sedang dilakukan.

Warna cokelat atau oranye biasanya terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula. Warna merah pada feses pertanda tidak baik, biasanya disebabkan oleh darah pada feses. Begitu pula dengan warna putih, yang mengindikasikan adanya masalah pada saluran empedu.

Penyakit kuning, yang biasa dialami bayi di awal kelahiran, biasanya berlangsung selama dua minggu. Bila penyakit kuning belum hilang dan feses berwarna putih, waspada gangguan saluran empedu yang juga mengakibatkan kerusakan hati seperti pada kondisi tidak terbentuknya saluran empedu (atresia bilier).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *