Daily Baby Month-1 Day-22

Mengapa Sulit Mengontrol Buang Air Kecil Setelah Melahirkan?

Inkontinensia urine adalah kehilangan kontrol kandung kemih. Ada berbagai tipe inkontinensia, yaitu stres, dorongan, overflow dan inkontinensia total.

Inkontinensia stres dapat disebabkan oleh melemahnya atau kerusakan pada otot dasar panggul atau sfingter uretra, yang keduanya berfungsi mengontrol buang air kecil (BAK).

Dokter biasanya akan menyarankan olahraga untuk memperkuat panggul, otot kandung kemih, vagina, dan anus. Bunda juga bisa berlatih sendiri dengan membiasakan ke toilet pada waktu yang ditentukan.

Misalnya, pada latihan pertama, Bunda ke toilet sejam sekali, lalu meningkat menjadi lebih lama seperti 90 menit sekali, begitu seterusnya sehingga semakin hari semakin lebih lama, dan akhirnya terbentuk kebiasaan baru.

Catat semua waktu BAK dan kebiasan untuk mengantisipasi BAK yang berikutnya. Atau, Bunda juga bisa berlatih menunda BAK. Misalnya, menahan kencing selama 15 menit dalam durasi dua minggu. Kemudian tingkatkan menjadi 30 menit. Inkontinensia urine biasanya terjadi selama 3 bulan atau paling lama setahun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *