Daily Baby Month-7 Day-3

Sudah Imunisasi BCG, Tapi Kok Tetap Positif TBC?

Imunisasi BCG (Bacille Calmette-Guérin) dilakukan kepada bayi usia 0-2 bulan untuk menciptakan imunitas terhadap penyakit tuberkulosis (TBC) yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis (Mtb). BCG merupakan vaksin hidup yang berisi bakteri yang mirip dengan Mtb namun dilemahkan, sehingga tidak menyebabkan TBC.

Di dalam jadwal imunisasi IDAI 2020, imunisasi BCG sebaiknya diberikan segera setelah lahir atau sesegera mungkin sebelum bayi berumur 1 bulan.

Imunisasi BCG akan memberikan perlindungan 82% terhadap tuberkulosis paru dan menurunkan tuberkulosis berat sebanyak 90%. Oleh karena itu, walau telah melakukan imunisasi BCG, si Kecil masih dapat terinfeksi oleh bakteri Mtb namun diharapkan tidak mengalami tuberkulosis berat.

Untuk mendeteksi apakah bayi Bunda terinfeksi TBC dapat dilakukan tes Mantoux ataupun tes IGRA. Jika bayi positif terinfeksi TBC maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Jika infeksi tidak menunjukkan gejala maka disebut TBC laten. Jika bayi menunjukkan gejala penyakit TBC maka disebut TBC aktif. Keduanya memiliki cara pengobatan yang berbeda, namun sama-sama membutuhkan waktu yang cukup lama

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *