Daily Baby Month-12 Day-29

Bagaimana Imunisasi Berhubungan dengan Kejadian Stunting?

Manfaat pemberian imunisasi kepada anak secara adalah untuk perlindungan terhadap penyakit-penyakit menular yang berbahaya.

Setelah mendapatkan imunisasi, maka sistem imunitas tubuh akan melawan penyakit tersebut saat terinfeksi sehingga anak tidak menjadi sakit.

Secara tidak langsung, imunisasi juga dapat membantu mencegah anak menderita stunting.

Penyebab utama terjadinya stunting pada anak adalah malnutrisi dan kondisi kesehatan ibu yang buruk selama kehamilan, ditambah dengan pengasuhan anak yang kurang optimal dalam hal pemberian ASI eksklusif.

Pemberian MPASI yang bernutrisi mulai usia enam bulan, dan pencegahan infeksi yang tepat waktu, salah satunya berupa imunisasi penting dilakukan.

Jika anak berulang kali mengalami infeksi, maka kebutuhan kalori anak menjadi tinggi untuk melawan kuman penyebab infeksi.

Jika anak tidak mendapatkan nutrisi yang optimal, maka anak akan mengalami kekurangan nutrisi yang selanjutnya menyebabkan pertumbuhan anak terganggu hingga terjadi stunting.

Selain itu, pencegahan infeksi tidak bisa dianggap remeh. Menurut data, diperkirakan 45 persen kematian anak balita secara global disebabkan oleh malnutrisi.

Anak yang mengalami malnutrisi tidak memiliki daya tahan tubuh untuk melawan infeksi. Karena itu, pencegahan infeksi lewat imunisasi tidak hanya dapat membantu mencegah terjadinya stunting pada anak, namun juga mengurangi kematian anak balita akibat malnutrisi secara keseluruhan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *