Daily Baby Month-12 Day-28

Anak Sulit Makan, Apakah Nutrisinya Tercukupi Hanya Dari Susu/ASI?

Tujuan pemberian MPASI saat usia bayi mencapai enam bulan adalah membantu memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi yang tak lagi tercukupi oleh ASI dan susu formula.

Kebutuhan energi yang dibutuhkan bayi dari MPASI setiap hari adalah 200 kcal (usia 6-8 bulan), 300 kcal (usia 9-12 bulan), dan 550 kcal (usia 13-23 bulan).

Karena itulah salah satu strategi pemberian MPASI adalah adekuat, yaitu MPASI yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan energi, protein, dan nutrisi mikro bayi.

Jika bayi sedang sulit makan, maka Bunda harus mencari penyebab bayi sulit makan seperti bayi sedang sakit, bayi mengalami tumbuh gigi. Jika bayi tidak sakit namun tetap tidak mau makan, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

Selain itu Bunda perlu menyiasati agar bayi mau makan karena kebutuhan energi dan nutrisinya tidak cukup hanya dengan jumlah pemberian ASI dan susu formula yang biasa.

Bunda bisa berkreasi membuatkan makanan yang berbeda atau yang penyajiannya unik untuk mengatasi rasa bosan bayi.

Selain itu, buatlah suasana makan jadi menyenangkan dengan rutin makan bersama keluarga. Hindari menggunakan televisi dan gawai untuk membuat bayi mau makan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *