Daily Baby Month-2 Day-11

Tujuan Skrining Hipotiroid Kongenital

Hipotiroid adalah keadaan menurun atau tidak berfungsinya kelenjar tiroid. Bila terdapat sejak lahir disebut hipotiroid kongenital.

Skrining Hipotiroid Kongenital (HK) bertujuan untuk mendeteksi kelainan sedini mungkin guna mencegah kerusakan otak yang permanen dengan memberikan pengobatan sebelum anak berusia 1 bulan. Skrining HK paling baik dilakukan saat bayi berumur 48-72 jam atau sebelum bayi pulang.

Bayi yang sudah ditetapkan menderita HK, akan diberi pengobatan dengan pengganti hormon tiroid yaitu berupa tablet tiroksin yang bisa digerus kemudian dicampur ASI atau air diberikan satu kali sehari.

Selama obat diberikan dengan takaran yang benar secara teratur, anak dengan hipotiroid akan memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan seperti anak normal, bisa sekolah dan bekerja.

Gejala HK seperti bayi kurang aktif, malas menetek, mengalami kuning (ikterus) yang lama, tangan dan kaki kurang bergerak, lidah makin besar sehingga minum sering tersedak, perut buncit sering dengan pusar bodong kulit kering dan burik, bayi mudah kedinginan.

Dampak HK pada anak yang sangat menyedihkan adalah mental terbelakang, tubuh pendek, muka hipotiroid, kesulitan bicara/tidak bisa berbicara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *