Daily Baby Month-3 Day-4

Kapan Waktu yang Tepat untuk Beraktivitas Kembali setelah Melahirkan?

Bagi Bunda yang melahirkan normal maupun caesar, membatasi kegiatan berat sampai waktu tertentu sangat disarankan pascamelahirkan. Hal ini terkait pada kekuatan otot dan ligamen perut yang belum kuat.

Di awal masa kelahiran, pada dasarnya Bunda akan banyak disibukkan oleh kegiatan yang cukup menguras tenaga, yaitu mengurus si Kecil.

Bila tidak memiliki gangguan apa pun saat melahirkan, Bunda akan banyak menggendong si kecil. Oleh karena itu, sudah cukup banyak kegiatan yang dilakukan Bunda pascamelahirkan.

Bunda yang melahirkan normal dapat berjalan setidaknya satu jam setelah melahirkan, tergantung apakah Bunda sudah lepas dari pengaruh bius atau belum. Sedangkan Bunda yang melahirkan caesar kegiatan berjalan harus ditunda beberapa waktu hingga jahitan pulih.

Di minggu pertama, Bunda dengan kelahiran normal dapat mulai mengendarai mobil kembali. Dalam waktu dua minggu, Bunda yang melahirkan normal dapat berolahraga ringan.

Sementara Bunda kelahiran caesar disarankan mengecek ke dokter terlebih dahulu apakah luka kelahiran sudah sembuh atau belum. Setelah enam minggu, kegiatan seksual sudah diijinkan, dan dapat mulai berlatih ke tempat olahraga/gym.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *