Daily Baby Month-9 Day-17

Alergi Susu Sapi Belum Tentu Alergi Daging Sapi

Alergi susu sapi disebabkan oleh imunitas tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap protein di dalam susu sapi. Alergi susu sapi berbeda dengan alergi daging sapi yang jarang terjadi.

Alergi daging sapi termasuk dalam kelompok alergi daging merah, disebut juga dengan alergi alpha-gal, yaitu alergi terhadap sebuah molekul karbohidrat yang yang terdapat di hewan mamalia daging merah.

Gejala alergi baru muncul beberapa jam setelah konsumsi daging sapi karena menunggu proses cerna terlebih dahulu. Reaksi yang muncul sama seperti alergi pada umumnya, dan jika parah, bisa menyebabkan reaksi anafilaksis.

Menurut penelitian, sebagian besar anak yang alergi daging sapi juga akan menderita alergi susu sapi (jumlahnya di atas 90 persen). Sementara anak yang alergi susu sapi hanya sedikit yang juga menderita alergi daging sapi (jumlahnya sekitar 20 persen).

Karena itu, jika anak Bunda terdeteksi memiliki alergi daging sapi, maka disarankan untuk juga menghindari konsumsi susu sapi dan produk turunannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *