Daily Baby Month-10 Day-10

Apakah Vaksin Influenza Bisa Menangkal COVID-19?

Walau sama-sama disebabkan oleh virus, namun influenza dan COVID-19 memiliki jenis virus yang berbeda. Karena itu, vaksin influenza tidak dapat membuat seseorang menjadi imun terhadap COVID-19.

Walaupun demikian, ada penelitian yang menyebutkan bahwa vaksin influenza dapat membantu agar infeksi COVID-19 tidak menjadi parah, sehingga mengurangi kemungkinan dirawat di rumah sakit. Bayi dapat diberikan vaksin flu setelah usianya mencapai enam bulan. Sampai saat ini, belum ada vaksin COVID-19 yang dikembangkan untuk bayi, tapi ada uji coba yang sedang berjalan untuk anak-anak yang lebih tua.

Untuk menghindari infeksi COVID-19, IDAI tidak merekomendasikan anak untuk keluar rumah, termasuk untuk kegiatan tatap muka di sekolah. Jika dalam keadaan mendesak harus keluar rumah, maka bayi di bawah umur dua tahun tidak perlu memakai masker. Sebagai alternatif, bisa menggunakan pelindung wajah atau kereta dorong berpelindung dengan pengawasan orang tua. Penggunaan masker dan pelindung wajah dianjurkan untuk anak berusia di atas dua tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *