Daily Baby Month-10 Day-4

Manfaat Membacakan Buku Pada Si Kecil

Salah satu kegiatan yang disukai bayi dan balita adalah membaca bersama orang tua atau pengasuhnya. Walau bayi belum bisa mengerti apa yang Bunda sampaikan, namun melihat gambar berwarna-warni ditambah mendengar suara Bunda saat membacakan cerita akan sangat menyenangkan baginya.

Bagi anak yang sudah lebih besar tentunya sudah mengerti apa yang disampaikan oleh Bunda. Oleh karena itu ini juga saat yang tepat untuk mengajarkan hal hal sederhana seperti “terima kasih”, “maaf”, “tolong” dan kebiasaan baik lainnya

Rutin membaca buku bersama akan mempererat ikatan orang tua dan anak, baik untuk perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial-emosional anak.

Menurut penelitian, anak yang rutin diajak membaca buku sejak ia masih bayi sampai usia pra-sekolah, akan memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik dan lebih tertarik untuk membaca saat mulai sekolah.

Pilihlah buku bergambar yang berwarna-warni, kalau bisa dalam bentuk pop-up, agar si Kecil tertarik melihatnya. Ceritanya juga yang simpel dengan pilihan kata-kata yang repetitif atau berima. Tak perlu khawatir saat si kecil tak lagi menaruh perhatian setelah beberapa saat, itu tak berarti dia tidak menyukai membaca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *