Daily Baby Month-10 Day-7

Manfaat Musik Klasik Bagi si Kecil

Faktanya, musik berpengaruh terhadap perkembangan otak si Kecil, bahkan sejak ia dari kandungan.

Menurut para ahli perkembangan anak, musik dapat berpengaruh di semua area perkembangan dan kemampuan anak. Musik dapat membantu penguasaan bahasa dan meningkatkan kemampuan membaca sehingga anak siap untuk sekolah. Musik juga berpengaruh kepada emosi anak dan kemampuan sosialnya.

Lalu bagaimana dengan manfaat musik klasik yang disebut-sebut dapat membuat si Kecil lebih cerdas? Sebuah penelitian menyatakan bahwa mendengarkan musik klasik meningkatkan kemampuan anak-anak prasekolah dalam melipat dan menggunting kertas.

Namun ternyata, efek ini juga didapatkan saat anak-anak ini mendengarkan jenis musik lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tak masalah jenis musiknya. Jika anak-anak menikmati saat mendengarkannya, maka akan terjadi peningkatan kemampuan anak secara sementara.

Jadi, Bunda tak perlu mengharuskan anak untuk mendengarkan musik klasik untuk membantu perkembangan otaknya. Selama musik yang didengarkan membuat anak senang dan bersemangat, itu sudah cukup.

Yang harus Bunda ingat adalah musik hanya salah satu cara membantu perkembangan anak. Yang lebih penting adalah Bunda terus melakukan stimulasi dari berbagai aspek baik secara motorik, sensorik, dan bahasa untuk perkembangan optimal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *