Daily Baby Month-11 Day-24

Setiap Habis Makan, Langsung BAB, Apakah Memengaruhi Tumbuh Kembang?

Pada bayi baru lahir, sangat umum jika ia BAB saat baru selesai minum ASI atau susu formula. Ini karena bayi baru lahir memiliki refleks gastrokolika yang sangat aktif.

Refleks gastrokolika adalah respons dari usus besar terhadap makanan yang masuk ke dalam lambung, membuatnya secara refleks mengosongkan sistem pencernaan dari sisa makanan yang dimakan sebelumnya agar makanan baru bisa masuk. Saat usia bayi bertambah, refleks gastrokolika tidak seaktif sebelumnya sehingga bayi tak lagi sering BAB.

Bunda tidak perlu khawatir bahwa aktifnya refleks gastrokolika ini akan membuat MPASI yang dimakan bayi langsung keluar lewat BAB. Proses pencerenaan makanan membutuhkan waktu 3-4 jam, sehingga tidak mungkin MPASI yang baru dimakan langsung dikeluarkan.

Feses yang keluar saat BAB merupakan sisa dari MPASI yang dimakan bayi sebelumnya dan telah dicerna. Jika bayi berat badannya sulit naik, maka kemungkinan ada penyebab lain dan bukan akibat refleks gastrokolika. Silahkan melakukan konsultasi kepada dokter jika anak mengalami berat badan sulit naik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *