Daily Baby Month-11 Day-16

Si Kecil Terdiagnosis Anemia Defisiensi Zat Besi

Penyakit anemia defisiensi besi disebabkan oleh kurangnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin (sel darah merah). Selain itu, zat besi juga sangat penting dalam perkembangan sistem saraf, sehingga kekurangan zat besi dapat mengganggu perkembangan kognitif bayi. Kekurangan zat besi juga mengganggu kecepatan pertumbuhan bayi.

Anemia defisiensi besi pada anak diatasi dengan dua cara, yaitu dengan mengatasi penyebab dan pemberian preparat zat besi. Pada anak usia di bawah 12 bulan, penyebabnya antara lain kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah, ibu mengalami anemia selama kehamilan, ASI eksklusif tanpa suplementasi zat besi, serta alergi susu sapi.

Pemberian preparat zat besi dilakukan secara oral dan berlangsung sampai 2-3 bulan setelah level hemoglobin kembali normal. Pemberian preparat zat besi akan dibarengi dengan pemberian vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan asam folat untuk meningkatkan proses pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *