Daily Baby Month-12 Day-20

Tahap Anak Berjalan

Umumnya bayi mulai dapat berjalan sendiri beberapa langkah pada usia 12 bulan. Namun sebelum melakukannya, ada beberapa keterampilan yang harus bayi kuasai terlebih dahulu secara bertahap.

Tahapan bayi belajar berjalan dimulai saat ia belajar berdiri dengan bantuan pada usia kira-kira delapan bulan. Ia akan belajar berdiri dengan bantuan.

Keterampilan selanjutnya adalah berjalan dengan bantuan, misalnya berjalan merambat sambil berpengangan ke furnitur atau berpegangan ke push walker. Bunda juga bisa membantunya belajar berjalan dengan memegang tangannya saat ia melangkah. Tahapan ini berlangsung kira-kira tiga bulan sebelum bayi dapat berjalan tanpa bantuan.

Selanjutnya, bayi akan belajar untuk berdiri tanpa bantuan. Ini bisa ia lakukan saat tubuhnya sudah memiliki kekuatan dan keseimbangan untuk berdiri sendiri.

Saat ia semakin percaya diri, maka yang ia lakukan adalah berjalan tanpa bantuan beberapa langkah, biasanya pada umur 12 bulan. Baru pada usia 14-18 bulan, bayi dapat berjalan secara mandiri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *