Daily Baby Month-12 Day-22

Kapan Harus Waspada Ketika Anak Belum Bisa Berjalan?

Anak pada umumnya telah dapat berjalan dengan mandiri saat usianya mencapai 14-18 bulan. Karena itu, jika pada usia 18 bulan anak masih belum dapat berjalan sama sekali atau pada usia 24 bulan belum dapat berjalan sendiri, maka Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak sehingga dapat dievaluasi.

Sebelum anak mulai berjalan dengan mandiri, ada beberapa keterampilan yang harus ia kuasai terlebih dahulu seperti duduk, merangkak, berdiri dengan bantuan, berdiri tanpa dibantu.

Bunda dapat mendukung dan membantu anak untuk menguasai keterampilan-keterampilan tersebut dan membantunya untuk banyak berlatih.

Selain itu, pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup, dalam kondisi sehat, serta memiliki keterampilan kognitif yang sesuai umurnya.

Perhatikan juga kondisi anak, karena bisa jadi ia tidak termotivasi untuk bergerak sehingga tidak mau berjalan. Hindari menggendong anak terlalu sering dan ciptakan lingkungan di mana ia termotivasi untuk bergerak sendiri sekaligus aman dan nyaman untuk bergerak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *