Daily Baby Month-2 Day-10

Ubun-ubun Bayi Berdenyut, Apakah Normal untuk Bayi Baru Lahir?

Bunda yang baru memiliki bayi pasti merasa khawatir setiap memegang kepala bayi, terutama bagian ubun yang masih lunak. Ubun-ubun bayi masih lunak saat baru lahir karena pembentukan tulang yang belum sempurna.

Bila Bunda melihat ubun-ubun bayi berdenyut, tidak perlu panik. Hal tersebut adalah tanda aliran darah, dan akan hilang sendiri seiring pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Yang perlu Bunda waspadai adalah bila ubun-ubun bayi cekung, yang artinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Dan juga ubun-ubun menonjol, yang artinya ada infeksi pada otak.

Ubun-ubun yang normal adalah yang berbentuk datar dan lunak. Pada fase ini pula, Bunda perlu rajin mengganti posisi tidur, agar kepala bayi tetap berbentuk bulat.

Ubun-ubun bayi atau fontanel bertekstur lunak untuk mempermudah proses kelahiran. Fontanel masih akan terbuka untuk menyesuaikan dengan perkembangan otak bayi yang masih berkembang pesat sampai usianya 18 bulan.

Fontanel belakang biasanya sudah hilang saat usia bayi 6 minggu, sedangkan fontanel depan biasanya hilang setelah usia 18 bulan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *