Daily Baby Month-2 Day-24

Menangani Kolik pada Bayi

Bila Anda tidak menemukan penyebab bayi yang menangis terus, kemungkinan si Kecil menderita kolik.

Kolik infantil atau kolik pada bayi biasanya terjadi pada bayi berusia 2 minggu sampai 4 bulan, disebut juga sindrom 4 bulan. Bayi menangis, bisa beberapa menit, kemudian menangis lagi dan susah dibujuk.

Kolik bisa disebabkan alergi protein susu sapi. Bila ada dugaan alergi, pada bayi yang mendapat ASI, ibu dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu sapi dan olahannya, seperti yoghurt, mentega, keju dan makanan lain yang mengandung susu.

Penyebab lain adalah refluks gastroesofagus (GER). Pada bayi sering kali katup antara kerongkongan dan lambung belum sempurna fungsinya. Penyebab lainnya adalah intoleransi laktosa.

Terlepas dari semua itu, kolik pada bayi tidak berbahaya. Gejala akan membaik dan menghilang dengan bertambahnya umur, setidaknya setelah usia 4 bulan.

Tidak perlu diberi obat apa pun. Boleh dicoba memberikan larutan gula pasir. Larutkan 1 sendok teh munjung gula pasir dalam 100 ml air mendidih. Setelah dingin, dapat diberikan 1-2 ml pada bayi yang sedang kolik. Ternyata rasa manis gula pasir mempunyai efek analgesi, pereda rasa sakit.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *