Daily Baby Month-2 Day-4

Ingat Jadwal Imunisasi Anak

Imunisasi pada anak sangat beragam, satu jenis imunisasi bisa dilakukan tidak hanya sekali namun beberapa kali. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memiliki catatan tersendiri yang merangkum jadwal imunisasi anak serta informasi lain yang dibutuhkan untuk mendapatkan perlindungan yang lengkap dan menyeluruh.

Imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadwal imunisasi tersebut dibuat berdasarkan rekomendasi WHO dan organisasi profesi yang berkecimpung dalam imunisasi setelah melalui uji klinis.

Pemberian imunisasi yang tidak sesuai jadwal atau belum lengkap bukan merupakan hambatan untuk melanjutkan imunisasi.

Imunisasi yang telah diberikan sudah menghasilkan respons imunologis walaupun masih di bawah ambang kadar proteksi atau belum mencapai perlindungan untuk kurun waktu yang panjang sehingga dokter tetap perlu melanjutkan dan melengkapi imunisasi agar tercapai kadar perlindungan yang optimal.

Catat ya, Bun, bayi usia kurang dari setahun harus mendapatkan imunisasi yang terdiri dari BCG, polio, hepatitis B, DPT, HiB, rotavirus, pneumococcus, campak, dan influenza. Usia 1-4 tahun, diperlukan imunisasi penguat untuk DPT, polio, Hepatitis B, HiB, MR/MMR, pneumococcus, tifoid, hepatitis A, varisela, dan influenza.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *