Daily Baby Month-3 Day-5

Cara Menyimpan ASI Perah

Menyimpan cadangan ASI menjadi cara memenuhi kebutuhan ASI untuk bayi pada ibu bekerja atau jika berada jauh dari bayi selama beberapa saat.

ASI dapat disimpan di suhu 25 derajat (suhu ruangan) selama 4 jam ke depan dan selama 4 hari di kulkas bawah (chiller). BIla ASI dalam pendingin masih sisa dalam 4 hari, masukan ASI ke freezer. Bunda bisa menggunakan cooler bag dengan es batu untuk menyimpan dalam 24 jam ke depan.

Gunakan tempat khusus ASI, atau gunakan botol dengan syarat bukan botol chemical bisphenol A (BPA-free). Jangan gunakan botol disposibel berkode no. 7, gelas kertas, atau plastik. Berikan tanggal pada setiap tempat susu untuk mengetahui umur susu.

Bunda tidak dilarang mencampur ASI baru dengan ASI yang sudah disimpan di dalam freezer atau pendingin. Namun dinginkan terlebih dahulu ASI baru di dalam freezer atau pendingin, untuk kemudian bisa dicampur dengan ASI sebelumnya.

Yang perlu Bunda ingat adalah, semakin lama ASI disimpan, kandungan vitamin dalam ASI juga akan berkurang. Bila ingin menggunakan ASI, Bunda dapat menaruh ASI dari freezer ke bagian pendingin kulkas semalam sebelumnya.

Atau, Bunda bisa merendam ASI pada wadah yang berisi air hangat. Jangan panaskan ASI di oven atau dimasak dengan kompor.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *