Daily Baby Month-7 Day-20

Seberapa Penting Vaksin Pneumococcus?

Pneumonia adalah penyebab kematian anak paling besar di seluruh dunia, dengan jumlah 1,4 juta anak di bawah lima tahun meninggal setiap tahunnya akibat penyakit infeksi saluran pernapasan ini.

Menurut WHO, salah satu cara untuk pencegahan penyakit pneumonia adalah dengan pemberian vaksin, yaitu vaksin Pneumokokus.

Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit Pneumokokus, seperti pneumonia (radang paru-paru), meningitis (radang selaput otak), dan bakteremia (infeksi darah).

Menurut IDAI, pemberian vaksin Pneumokokus kepada anak dilakukan dalam tiga kali dosis primer dan satu kali dosis penguat. Dosis primer diberikan pada saat anak berusia 2, 4, dan 6 bulan, sementara dosis penguat pada usia antara 12-15 bulan.

Vaksin ini relatif memberikan efek samping yang kecil dibandingkan jenis vaksin lainnya. Sebaiknya vaksin diberikan saat bayi berada dalam kondisi sehat. Bayi yang sedang sakit ringan (pilek, misalnya) sebenarnya tetap boleh divaksinasi setelah dokter memastikan bayi dalam keadaan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *