Daily Baby Month-7 Day-5

Memiliki Hewan Peliharaan Justru Mengurangi Risiko Alergi pada Bayi?

Ada kepercayaan bahwa memiliki hewan peliharaan akan memicu berbagai alergi pada bayi dan balita, termasuk alergi terhadap binatang peliharaan itu sendiri. Alergi ini sering kali dihubungkan dengan penyakit dermatitis atopi, rinitis alergi, ataupun asma.

Padahal, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan pada keluarga tanpa riwayat alergi, memelihara binatang dapat membantu mengurangi sensitivitas bayi terhadap alergen pada kemudian hari. Pendapat ini tentu menjadi kontroversial di kalangan masyarakat.

Studi mengatakan pada anak yang terpapar oleh binatang peliharaan kucing dan anjing dalam tahun pertama kehidupannya, sensitivitasnya terhadap alergen tersebut akan berkurang.

Hal yang harus ditekankan pada studi ini adalah hanya berlaku untuk keluarga tanpa riwayat alergi. Namun pada keluarga dengan riwayat alergi, hal ini masih harus diteliti.

Jadi, jika Bunda tidak memiliki riwayat alergi maka Bunda tak perlu khawatir untuk memiliki binatang peliharaan yang membuat bayi alergi di kemudian hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *