Daily Baby Month-8 Day-17

Mitos atau Fakta: Awal MPASI Anak Harus Diberi Makan Pisang?

WHO sangat menyarankan agar bayi mendapat MPASI yang bervariasi sejak awal pemberiannya agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Ini juga sesuai dengan salah satu strategi pemberian MPASI dari IDAI yaitu adekuat, di mana MPASI yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan energi dari makronutrien (karbohidrat, proten, lemak) dan mikronutrien anak.

Hanya memberikan pisang pada awal MPASI tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, walaupun bayi masih mendapatkan ASI. Dalam satu buah pisang ukuran sedang, terkandung 110 kalori dengan 30 gram karbohidrat dan satu gram protein.

Walaupun kandungan vitamin dan mineral dalam pisang cukup bervariasi, namun kuantitasnya kecil. Jadi secara keseluruhan, nutrisi dari pisang masih kurang memenuhi kebutuhan bayi, apalagi jika dijadikan sebagai menu tunggal.

Jika Bunda ingin memberikan pisang sebagai MPASI, maka tambahkan MPASI dari kelompok makanan protein hewani untuk mencukupi kebutuhan proteinnya. Apalagi WHO mengharuskan protein hewani untuk masuk dalam menu MPASI setiap hari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *