Daily Baby Month-8 Day-31

Larangan Memberikan Teh, Kopi, dan Soft Drinks Pada Anak

Dalam lima tahun pertama kehidupannya, anak sebenarnya hanya diperbolehkan meminum ASI, susu sapi, air putih, dan sedikit sekali jus buah.

Namun pada kenyataannya, banyak anak yang sudah berkenalan dengan minuman bersoda, teh, dan kopi. Padahal ketiga minuman ini tidak disarankan untuk diminum anak karena memiliki kandungan kafein yang bersifat stimulan.

Konsumsi kafein pada anak balita akan meningkatkan risiko sulit tidur, sakit kepala, hiperaktif, mudah cemas, dan berkurangnya nafsu makan.

Tak hanya itu. Kandungan zat polifenol dan asam fitat dalam teh dan kopi ternyata berpotensi menghambat penyerapan zat besi dari makanan oleh saluran cerna. Padahal zat besi sangat dibutuhkan anak untuk pembentukan sel darah merah dan perkembangan otak sejak dini. Sedangkan minuman bersoda juga memiliki efek negatif lainnya yaitu kandungan gula yang tinggi.

Hal ini meningkatkan risiko anak mengalami kelebihan berat badan, gigi rusak, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak di kemudian hari. Jadi, Bunda harus menjaga agar anak-anak tidak mengonsumsi ketiga minuman ini, ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *