Daily Baby Month-5 Day-4

Jangan Mom-shaming! Melahirkan Caesar atau Normal Sama Beratnya.

Prosedur yang berbeda dengan kelahiran normal, kadang menyalahartikan perjuangan Bunda dengan operasi caesar. Persepsi yang mengatakan operasi caesar bukanlah kelahiran yang sebenarnya sudah banyak memberikan perasaan bersalah, tidak berharga pada beberapa ibu.

Walau terlihat aman, operasi apa pun mempunyai risiko, termasuk operasi caesar, seperti infeksi dan perdarahan. Bayi yang dilahirkan caesar juga memiliki risiko kulitnya terkena pisau bedah, dan juga permasalahan pernapasan.

Kelahiran caesar juga memberi risiko pada persalinan berikutnya seperti terbukanya jahitan yang lama, plasenta yang abnormal fungsinya, sampai kematian bayi.

Oleh karena itu, keputusan melahirkan normal dan caesar, lebih tergantung pada kenyamanan dan pilihan Bunda. Bukan berdasarkan apakah kelahiran yang satu lebih bermakna atau tidak.

Bunda yang melahirkan secara caesar dapat meyakinkan dirinya bahwa pilihannya tidak salah dengan mendengarkan kisah tentang kelahiran caesar, atau berbagi cerita dengan teman yang melakukan hal serupa. Yakinkan diri bahwa pilihan Bunda adalah yang terbaik dan paling nyaman bagi Bunda dan si Kecil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *