Daily Baby Month-6 Day-22

Apakah Bayi ASI Eksklusif Juga Bisa Mengalami Gagal Tumbuh?

Gagal tumbuh adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kenaikan berat badan yang tidak sesuai, berat badan yang tidak naik, atau bahkan mengalami penurunan berat badan dibandingkan pengukuran yang sebelumnya. Walau mengonsumsi ASI, bayi bisa mengalami gagal tumbuh karena proses menyusui yang tidak benar.

Bayi yang memakai dot kadang bingung puting dan mengalami pelekatan yang tidak baik. Puting ibu yang lecet atau ibu yang stres juga akan mengurangi kadar ASI, sehingga bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Bayi prematur, bayi berat lahir rendah (BBLR), bayi dengan kelainan anatomi rongga mulut seperti ankiloglosia (tongue tie), mikrognatia, dan sumbing, bayi dengan infeksi berat, gangguan pernapasan seperti asfiksia, penyakit jantung bawaan merupakan penyebab lain sindrom ASI kurang.

Bunda yang mengalami hambatan perkembangan payudara, kanker payudara, selesai melakukan operasi atau radiasi payudara, juga menyebabkan ASI berkurang. Namun, sindrom ASI kurang ini bisa dicegah dan diatasi bila Bunda segera memperbaiki posisi menyusui, tidak stres, mengkonsumsi nutrisi yang cukup.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *