Daily Baby Month-6 Day-23

Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui

Bukan hanya ingin cepat mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan, banyak Bunda juga ingin tetap bisa melakukan perawatan muka selama menyusui. Namun, kesibukannya yang banyak bersentuhan dengan bayi, membuat Bunda harus selektif dalam memilih perawatan kulit.

Beberapa kandungan yang wajib Bunda hindari dari perawatan tubuh ibu adalah petroleum, formaldehyde, parabens. Bahan dasar petroleum dapat membuat kulit bayi iritasi.

Formaldehyde menyebabkan alergi pada si Kecil. Penggunaan parabens yang berlebihan akan menimbulkan penumpukan di kulit yang dapat memberikan efek buruk bagi bayi.

Penggunaan losion/cream yang mengandung hydroquinone, vitamin A (retinoid or retinol) yang dilarang untuk ibu hamil, diperbolehkan untuk ibu menyusui.

Penggunaan secara sistemik (minum/suntik) obat yang mengandung vitamin A dan turunannya dapat mengganggu perkembangan syaraf janin, yang pada akhirnya akan mengganggu perkembangan otak si bayi. Kandungan yang aman bagi Bunda menyusui adalah benzoyl peroxide, glycolic acid, AHA/BHA.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *