Daily Baby Month-6 Day-29

Apakah Alergi Susu Sapi Dapat Disembuhkan?

Alergi Susu Sapi (ASS) merupakan salah satu jenis alergi makanan yang merupakan reaksi yang tidak diinginkan (reaksi yang berlebihan) yang diperantarai secara imunologis terhadap protein susu sapi.

Alergi pada susu disebabkan oleh faktor genetik dan paparan terhadap bahan alergen. Faktor lain yang ikut berkontribusi, seperti polusi udara, asap rokok, bintang piaraan, dan perubahan cuaca.

Bagaimana caranya agar reaksi alergi protein susu sapi tidak terjadi? Caranya adalah menghindarkan bayi yang alergi dari protein susu sapi (susu sapi dan produknya) selama 6 bulan sejak penghindaran atau sampai usia 12 bulan (sesuai dengan perjalanan penyakit alergi protein susu sapi).

Bila masih memperlihatkan gejala, alergi dapat diteruskan hingga usia 2 atau 3 tahun. Kesembuhannya (toleransi/ bayi menjadi tidak alergi) dapat mencapai 45-55% pada tahun pertama, 60-75% pada tahun kedua dan 90% pada tahun ketiga. Agar terhindar dari alergi susu, Bunda dapat memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan dan menghindari polusi dan asap rokok.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *