Bagaimana Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

memilih buku anak

Memilih buku anak seringkali menjadi hal yang sulit bagi orang tua. Ketika dihadapkan pada berbagai pilihan di toko buku ataupun bazar buku, orang tua kerap bingung memilih mana yang paling sesuai untuk anak.

Nah, kami akan menjabarkan kira-kira faktor apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih buku anak ya.

Bahan Buku

Ketika memilih buku anak, kadang kita langsung fokus pada isinya. Akan tetapi, sebelum beranjak ke isinya, lebih baik kita kenali dulu bahannya.

Misalnya untuk anak bayi di bawah 6 bulan, buku kain dapat menjadi pilihan. Selain mereka dapat memegang sendiri utuk melatih kekuatan genggaman, ketika buku terjatuh menimpa mereka, bayi tidak akan tersakiti.

Selain buku kain, untuk usia di bawah 2 tahun orang tua juga bisa membelikan buku berbahan karton keras yang tidak mudah sobek atau basah, sehingga orang tua tidak perlu khawatir ketika anak ingin mengakses buku mereka sendiri.

Warna Buku

Bagi bayi-bayi yang baru lahir sampai usia sekitar 3-4 bulan orang tua dapat memilih buku yang berisi warna kontras seperti merah-hitam atau putih-hitam untuk menstimulasi indra visual mereka. Mengapa berwarna kontras? Bayi belum bisa melihat sempurna, mereka akan sangat tertarik melihat warna-warna yang kontras dan tajam.

Akan tetapi terlalu banyak warna kadang menjadi terlalu membingungkan bagi mereka. Oleh karena itu, pilihlah buku dengan warna kontras yang tidak terlalu banyak.

Bagi bayi dengan usia 4 bulan ke atas sampai usia 2 tahun, buku yang warna-warni akan lebih menarik. Meskipun sebagai orang tua kadang kita lebih tertarik dengan buku-buku berwarna pastel dan lembut, anak-anak akan lebih suka buku dengan warna-warni yang mencolok.

Tema Buku

memilih buku anak

Anak-anak memiliki periode-periode sensitif untuk tema-tema tertentu. Orang tua bisa memanfaatkan ini untuk membeli buku anak.

Misalkan di usia 1 tahun ke atas anak sensitif dengan kata dan binatang-binatang. Biasanya mereka tertarik dengan gambar-gambar atau mainan-mainan berbentuk binatang.

Di usia 1.5 tahun biasanya anak tertarik dengan alat-alat transportasi, jadi kita dapat memilihkan buku-buku dengan tema alat-alat transportasi.

Di usia 2-3 tahun anak tertarik dengan berbagai profesi, buku-buku yang kita pilih pun dapat bertema hal serupa. Orang tua dapat menyesuaikan dengan minat anak di periode tersebut.

Ditulis oleh: Agstried Elisabeth, M.Psi., Psikolog – Rumah Dandelion

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *