Berbahayakah BAB Jongkok Saat Hamil?

BAB jongkok

Squat atau berjongkok adalah salah satu gerakan latihan yang disarankan untuk ibu hamil, terutama yang sudah masuk trimester tiga. Gerakan jongkok dapat membantu ibu hamil melatih kaki dan otot-otot di bagian panggul. Sehingga lebih lentur juga kuat menyangga perut yang semakin berat dan nantinya membantu proses melahirkan.

Lalu bagaimana dengan BAB jongkok saat hamil, apakah sama bermanfaatnya bagi ibu hamil seperti latihan jongkok? 

Berjongkok, Aman untuk Ibu Hamil

BAB Jongkok

Jika Bunda perhatikan, posisi alami saat seorang ibu melahirkan adalah berjongkok. Posisi ini membuat panggul lebih terbuka serta mengurangi rasa sakit dan tekanan di bagian punggung bawah. 

Karena itu, saat sudah mulai kontraksi, ibu hamil disarankan untuk banyak melakukan gerakan jongkok, misalnya dengan pose merangkak, berjongkok dengan berpegangan di palang melintang, atau berlatih sambil duduk di atas birthing ball.

Namun jangan lakukan sendiri, pastikan ada yang menjaga dan membantu Bunda. 

Latihan jongkok sebenarnya sudah dapat Bunda lakukan lebih awal, tak hanya saat mendekati HPL. 

Tentu saja, Bunda harus melakukan gerakan-gerakan dan posisi dengan tepat. Jika asal latihan jongkok, maka yang terjadi adalah otot-otot di bagian panggul tidak terlatih dengan benar dan malah berakibat rasa nyeri di panggul. 

Selain itu, ligamen dan persendian kaki malah mendapat tekanan sehingga Bunda berisiko mengalami cedera. Tubuh Bunda juga menjadi tidak seimbang sehingga rentan jatuh.

Boleh BAB Jongkok Saat Hamil, Asalkan Tetap Berhati-Hati

BAB Jongkok

Sama seperti latihan jongkok, BAB jongkok saat hamil juga membawa manfaat bagi Bunda asal dilakukan dengan hati-hati. Adanya kekhawatiran bahwa penggunaan toilet jongkok akan mendorong janin keluar sebelum waktunya hanya merupakan mitos. 

Kekhawatirannya lebih disebabkan oleh kondisi kamar mandi yang basah dan licin sehingga Bunda bisa tergelincir. Selain itu, posisi jongkok yang tidak tepat juga bisa membuat Bunda merasa tidak nyaman dan kehilangan keseimbangan saat berdiri.

Selain itu, BAB jongkok saat hamil bisa jadi terasa tidak nyaman bagi ibu hamil, terutama yang sudah hamil besar. 

Berjongkok di toilet saat BAB memang berbeda dibanding latihan jongkok karena posisi berjongkoknya sangat rendah sehingga memberi beban ke kaki dan mungkin membuat Bunda merasa tidak nyaman. Belum lagi Bunda akan kesulitan saat berdiri.

Jika Bunda merasa nyaman dan tidak kesulitan berjongkok saat BAB, maka silakan dilakukan selama tetap berhati-hati. Lebih aman jika Bunda memasang pegangan di dinding sebelah toilet agar bisa bertumpu saat berdiri. 

Selain itu, pastikan bahwa semprotan toilet, sabun, dan tisu berada dalam jangkauan Bunda sehingga tidak perlu mengubah posisi saat ingin membersihkan diri setelah BAB.

Manfaat BAB Jongkok saat Hamil

Jika Bunda merasa baik-baik saja dan dokter kandungan juga memperbolehkan, maka Bunda bisa melakukan BAB jongkok saat hamil.

Manfaat-manfaat yang Bunda dapatkan dengan BAB dengan posisi jongkok mirip dengan manfaat latihan jongkok, di antaranya adalah:

  • Proses BAB menjadi lebih mudah dan cepat, sebab Bunda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra atau mengejan terlalu keras karena usus sudah mendapat tekanan.
     
  • Membantu mencegah sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil. Berjongkok terbukti sangat baik untuk meredakan perut kembung dan membantu pencernaan berfungsi dengan baik.
  • Membantu mengurangi tekanan ke otot-otot dasar panggul yang biasanya terjadi saat kehamilan sudah pada trimester tiga.
  • Membantu merenggangkan punggung sehingga dapat mengurangi rasa nyeri di punggung bagian bawah.
  • Menghindari kontak Bunda dengan permukaan toilet duduk yang sering kali tidak higienis. 

Jika Bunda ingin mendapatkan manfaat BAB jongkok saat hamil namun tak ada toilet jongkok di rumah, maka Bunda dapat menggunakan pijakan kaki tambahan untuk toilet duduk. 

Penggunaan pijakan ini membentuk sudut kemiringan kaki yang mirip dengan posisi berjongkok, sehingga sudah sesuai dengan posisi BAB yang sehat. 

Sumber:

First Cry Parenting. 2018. Using Indian Toilet/Squatting During Pregnancy.

Alodokter. 2019. Tips Aman Memakai Toilet Jongkok saat Hamil.

Verywell Family. 2021. Is it Safe to do Squats while Pregnant?

Viva. 2017. Mengupas Mitos Toilet Jongkok Berbahaya bagi Ibu Hamil.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi