Mitos atau Fakta: Suka Dandan Hamil Bayi Perempuan?

Berbagai cara dilakukan untuk memprediksi jenis kelamin janin, termasuk mendasarkan kepada perilaku ibu hamil. Misalnya ibu yang suka dandan saat hamil, disebut-sebut akan memiliki anak perempuan.

Sementara jika hamil anak laki-laki, maka penampilan ibu hamil akan seadanya bahkan cenderung cuek. Apa benar seperti itu?

Suka Dandan saat Hamil = Anak Perempuan?

suka dandan hamil perempuan

Perlu Bunda sadari bahwa prediksi-prediksi seperti ini hanya mitos belaka yang tak terbukti kebenarannya secara medis. Suka dandan saat hamil tidak terbukti secara medis sebagai pertanda bahwa Bunda mengandung anak perempuan. 

Begitu pula dengan mitos bahwa kulit wajah Bunda akan menjadi lebih berminyak dan berjerawat kalau mengandung anak perempuan, karena kecantikan Bunda “dicuri” oleh sang anak. Padahal sebenarnya hal itu merupakan hasil dari fluktuasi hormon.

Ibu yang gemar merawat wajah dan suka dandan saat hamil lebih kepada pilihan saja. Ada juga ibu yang hamil anak perempuan tapi malas dandan, dan sebaliknya, ibu yang hamil anak laki-laki tapi rutin berdandan. 

Pastinya, hamil tak menjadi halangan bagi Bunda untuk ingin tetap tampil cantik dengan merawat kulit dan berdandan.

Namun tentu saja, Bunda harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan kulit dan makeup agar tak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi ibu hamil.

Daripada menebak-nebak dan berharap yang tak pasti, lebih baik Bunda menunggu sampai usia kehamilan 20 minggu untuk mengetahui dengan pasti jenis kelamin janin lewat USG trimester dua.

Hasilnya 80-90 persen akurat, selama posisi janin membuat Bunda dapat melihat jenis kelaminnya. 

Selektif Memilih Kosmetik Jika Suka Dandan saat Hamil

Jika Bunda termasuk yang tetap rutin merawat wajah dan suka dandan saat hamil, maka harus berhati-hati memilih produk yang bisa digunakan oleh ibu hamil. Pasalnya ada beberapa jenis bahan kandungan yang sebaiknya dihindari. 

Sebagian besar produk kosmetik tergolong aman bagi ibu hamil. Namun ada baiknya Bunda tetap memerhatikan bahan-bahan kandungannya dan peringatan yang biasanya terdapat di kemasan produk. 

Bunda juga bisa bertanya langsung ke produsen dari produk kosmetik yang Bunda gunakan lewat email atau direct message di akun media sosial, tentang apakah produk-produknya aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. 

Jika masih bingung dan ragu tentang keamanan sebuah produk kecantikan dan kulit, cara paling tepat adalah menanyakannya kepada dokter. 

Perhatikan Juga Produk-Produk Perawatan Kulit

Begitu juga dengan produk-produk perawatan kulit wajah. Bunda harus selalu memperbarui pengetahuan tentang bahan-bahan kandungan yang sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil.

Dibandingkan kosmetik, produk-produk perawatan kulit lebih menyerap ke dalam lapisan epidermis kulit sehingga efeknya lebih terasa. Karena itu, sebaiknya Bunda lebih berhati-hati dan memastikan produk yang digunakan aman untuk ibu hamil. 

Salah satu bahan kandungan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah retinoid. Turunan dari vitamin A ini banyak digunakan untuk pengobatan jerawat dan untuk perawatan wajah anti-aging

Semua jenis retinoid sebaiknya dihindari. Retinoid yang diresepkan dokter kulit memiliki risiko 20-35 persen membuat bayi mengalami cacat bawaan yang parah, dan 60 persen anak menunjukkan masalah neurokognitif akibat paparan bahan ini saat masih dalam kandungan.

Bahan lain yang juga harus Bunda waspadai adalah salicylic acid atau BHA.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyebutkan bahwa bahan kandungan yang umum digunakan sebagai obat jerawat dan untuk chemical peeling ini aman digunakan jika dalam konsentrasi rendah.

Namun hindari penggunaannya dalam konsentrasi tinggi seperti untuk chemical peeling di klinik kecantikan.

Satu lagi yang Bunda harus waspadai adalah penggunaan tabir surya.

Bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak menggunakan jenis tabir surya kimia karena bahan-bahan kandungannya dikhawatirkan dapat berpengaruh ke Bunda dan janin saat terserap tubuh. Sebaiknya pilih tabir surya fisik/mineral yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioxide

Sumber:

Medical News Today. 2020. What are the Signs of Having a Girl?

Kompas. 2012. Percaya 8 Mitos Ibu Hamil Ini?

Healthline. 2020. Your Guide to Pregnancy-Safe Skin Care Routine.

Alodokter. 2018. Panduan Memilih Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil.

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *