5 Hal Yang Perlu Anda Siapkan Untuk Dana Pendidikan Anak

pendidikan anak panin

Sudahkah Anda menyiapkan dana pendidikan anak, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga jenjang kuliah? Tidak ada kata terlalu dini untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Terlebih untuk dapat memberikan pendidikan terbaik bagi anak pastinya perlu dipersiapkan sedini mungkin.

Maka dari itu berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan: 

1. Buatlah Perencanaan Pendidikan Anak Dengan Prediksi Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah membuat perencanaan seperti pendidikan apa yang akan Anda berikan kepada anak. Apakah anak akan bersekolah di sekolah negeri, swasta, internasional, atau homeschooling? Lalu buat pertimbangan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis pendidikan yang sesuai dengan perencanaan keuangan Anda. 

2. Buatlah Perkiraan Biaya Pendidikan Anak

Berangkat dari perencanaan jenis pendidikan, Anda bisa melakukan riset perkiraan biayanya, dilanjutkan dengan membuat prediksi besaran jumlah dana pendidikan anak hingga selesai. Dengan mengetahui berapa dana yang diperlukan maka Anda akan bisa menentukan berapa besaran dana pendidikan yang perlu Anda bisa sisihkan setiap bulannya. Anda juga perlu menghitung kemungkinan inflasi per tahun sehingga bisa memperkirakan kenaikan biaya pendidikan di masa yang akan datang.

3. Pisahkan Dana Pendidikan Anak Dengan Dana Lainnya 

Tabungan dana pendidikan anak harus dipisahkan dari dana tabungan lainnya agar tidak tercampur. Ada baiknya untuk menyimpannya di rekening tabungan terpisah agar Anda tidak perlu khawatir dana pendidikan anak akan terpakai. 

4. Evaluasi Perencanaan Dana Pendidikan Secara Rutin 

Berikutnya yaitu mengadakan evaluasi secara rutin meski Anda telah membuat prediksi dana pendidikan. Pasalnya hal tersebut bisa saja berubah setiap tahunnya karena berbagai faktor, mulai dari faktor internal atau eksternal. Untuk itu rutinlah melakukan evaluasi dan lakukan penyesuaian kembali agar terhindar dari masalah dana pendidikan anak di kemudian hari.

5. Pastikan Anda Sebagai Orang Tua juga Memiliki Proteksi Diri

Hal terpenting adalah pastikan Anda sebagai orang tua memiliki proteksi untuk diri Anda. Bayangkan tanpa adanya proteksi diri yang melindungi dari berbagai banyaknya risiko seperti penyakit, kecelakaan, musibah yang datang pada saat Anda harus mempersiapkan dana pendidikan anak, tentunya pengeluaran-pengeluaran tersebut dapat merusak stabilitas finansial keluarga. Itulah sebabnya, siapapun, termasuk Anda sebagai orang tua, memerlukan proteksi diri. 

Dengan memiliki perlindungan diri, seperti produk Bekal Proteksi dari Panin Dai-ichi Life, Anda akan merasa lebih aman. Namun, untuk memilih asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda perlu teliti. Yuk, pelajari dulu manfaat dari masing- masing produk asuransi bekal proteksi Panin Dai-ichi Life.

Kami menyediakan tiga pilihan produk:

  1. Bekal Proteksi Pandai: Perlindungan jiwa dengan manfaat meninggal dunia baik alami maupun kecelakaan  kepada Tertanggung  selama 10 tahun dengan penambahan manfaat pengembalian premi sebesar 50% pada akhir tahun Polis ke-5 dari total premi yang telah dibayarkan pada tahun ke 1-5 dan 50% pada akhir tahun Polis ke-10 dari total premi yang telah dibayarkan pada tahun ke 6-10.
  2. Bekal Proteksi Sehat: Manfaat santunan Rawat Inap sebesar tabel manfaat serta manfaat No Claim Bonus apabila Tertanggung tidak melakukan klaim selama 1 tahun Polis berjalan.
  3. Bekal Proteksi Xpress: Perlindungan jiwa dengan manfaat meninggal dunia yang disebabkan oleh kecelakaan dengan penambahan manfaat Kehilangan Fungsi anggota tubuh dan Penggantian Biaya Perawatan Inap yang disebabkan oleh kecelakaan.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja perlu Anda persiapkan untuk dana pendidikan anak. Selanjutnya, Anda perlu menerapkannya dan pastikan Anda sebagai orang tua memiliki proteksi diri demi masa depan anak yang cerah!

Klik di sini

Pastikan Anda memasukkan promo code: Diarybunda01

Sumber:

Detik. 2020. Nadiem Makarim Bicara Risiko Menyeramkan Pembelajaran Jarak Jauh.

Ruang Guru.7 Cara Terbaik Siapkan Dana Pendidikan Anak.

Finsy. 2019. 5 Tips mempersiapkan Dan Pendidikan Anak Sejak Dini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *