Bagaimana Mengartikan Test Pack Hasil Samar?

tespek positif

Saat sedang menjalani program hamil, Bunda mungkin rutin melakukan tes kehamilan untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak. Setelah beberapa kali hasil tes masih negatif, kali ini ada test pack hasil samar yang malah membuat bingung. Sebenarnya Bunda hamil atau tidak?

Adanya garis yang samar pada hasil test pack bisa berarti beberapa kemungkinan, baik hamil maupun tidak hamil. Untuk mengetahui jawaban yang benar dari pertanyaan ini, Bunda harus pahami dulu cara kerja test pack.

Akurat Tidak, Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack?

Saat Bunda melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, maka yang dideteksi adalah kehadiran hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang baru terbentuk saat kehamilan terjadi. Hormon ini dapat terdeteksi lewat urine maupun darah.

Test pack mendeteksi kehadiran hormon hCG di urine. Cara ini memang tidak memberi hasil seakurat dibandingkan tes kehamilan lewat darah yang dilakukan di laboratorium.

Namun tes kehamilan menggunakan test pack sering menjadi pilihan karena memberi hasil cepat dan cara melakukannya yang tergolong mudah. 

Tantangan lain dari tes kehamilan menggunakan test pack adalah penggunaannya harus tepat sesuai petunjuk. Jika Bunda melakukan kesalahan, maka bisa terjadi test pack hasil samar atau hasil tidak akurat.

Akibatnya, Bunda malah menjadi bingung sehingga kemudian melakukan tes sampai berulang-ulang untuk mendapat hasil yang akurat.

Test Pack Hasil Samar Kemungkinan Hamil

test pack hasil samar

Walau hasilnya samar, tapi ada kemungkinan kalau hasil ini mendeteksi adanya kehamilan.

Hasil berupa garis atau tanda positif yang samar terjadi karena hormon hCG yang terdeteksi jumlahnya masih sangat sedikit. Ini bisa terjadi saat Bunda melakukan tes kehamilan terlalu awal, bahkan sebelum Bunda terlambat menstruasi.

Test pack hasil samar juga bisa terjadi saat kondisi urin yang terlalu encer, misalnya saat Bunda sedang banyak minum air putih. Ini membuat keberadaan hormon hCG sulit terdeteksi karena jumlahnya di urien pun hanya sedikit.

Untuk itu, disarankan untuk melakukan tes kehamilan menggunakan test pack saat buang air kecil pertama kali pada pagi hari. Saat itu, konsentrasi hormon hCG dinilai paling tinggi sehingga akan memberi hasil yang lebih akurat.  

Saran lain yang sebaiknya Bunda lakukan jika mendapat test pack hasil samar adalah melakukan tes kehamilan ulang beberapa hari kemudian.

Seiring usia kehamilan bertambah, jumlah hormon hCG akan bertambah banyak sebelum akhirnya menurun pada akhir trimester satu. Jadi, melakukan tes ulang akan memberi hasil yang lebih akurat.

Kemungkinan Hamil tapi Keguguran

Interpretasi lain yang dapat diambil dari test pack hasil samar adalah Bunda memang hamil tapi mengalami keguguran saat usia kehamilan masih sangat muda.

Kondisi ini disebut dengan kehamilan kimiawi saat janin gugur tidak lama setelah proses implantasi. Keguguran umumnya terjadi sebelum kehamilan mencapai usia lima minggu. 

Keguguran akibat kehamilan kimiawi dialami oleh 25 persen ibu hamil. Tanda bahwa Bunda mengalami kehamilan kimiawi adalah volume darah yang jauh lebih banyak saat kemudian mengalami menstruasi. Jika Bunda sedang program memiliki anak, tak perlu khawatir karena tak berpengaruh ke kemampuan Bunda untuk hamil lagi.

Hasil yang samar juga bisa menandakan Bunda mengalami kehamilan ektopik. Jika Bunda mengalami gejala-gejala terjadinya kehamilan ektopik, yaitu nyeri di perut bagian bawah, pendarahan ringan di vagina, serta rasa nyeri dan tertekan saat buang air besar maupun kecil, maka Bunda harus segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Untuk menghindari test pack hasil samar, maka lakukanlah tes kehamilan pada waktu yang disarankan. Selain itu, ikuti petunjuk di kemasannya secermat mungkin. Dengan demikian, hasil yang diberikan tidak akan membingungkan dan lebih akurat.

Sumber:

Healthline Parenthood. 2016. Faint Positive Home Pregnancy Test: Am I Pregnant?

Verywell Family. 2019. Interpreting Faint Lines on a Pregnancy Test.

What to Expect. 2020. Does a Faint Line on a Pregnancy Test Mean It’s Positive or Negative?

By dr. Linda Lestari, Sp.OG

Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *