Musik Klasik Bantu Bayi Tidur Nyenyak? Ini Jawabannya

Menidurkan bayi bisa menjadi masalah yang rumit bagi sebagai orang tua. Beberapa cara dilakukan untuk membantu bayi agar dapat tidur, salah satunya adalah memutarkan musik klasik untuk bayi tidur. Musik yang lembut memang terbukti dapat membantu membuat bayi mudah tertidur, tapi bagaimana dengan musik klasik?

Manfaat Musik Klasik untuk Bayi Tidur

musik klasik untuk bayi

Menurut Dr. Ibrahim H. Baltagi, Ketua Program Musik di Lebanese International University, memainkan musik merupakan salah satu rekomendasi populer untuk membantu menenangkan bayi. Karena itu, musik sering kali dijadikan cara untuk membantu bayi untuk tertidur.

Jenis musik yang dapat digunakan untuk membantu bayi tertidur adalah musik yang lembut, menenangkan, dan membuat relaks, sehingga dapat membantu menciptakan suasana yang tenang. 

Karena pada dasarnya, musik yang lambat, lembut, dan diputar berulang-ulang dapat memperlambat detak jantung serta membantu pernapasan menjadi lebih tenang dan dalam.

Lalu bagaimana dengan pilihan musik klasik untuk bayi tidur? Tidak masalah, selama musik yang dimainkan sesuai dengan kategori musik yang disebutkan di atas.

Contohnya adalah Brahm’s Lullaby yang pasti sudah sering Bunda dengarkan di lagu-lagu pengantar tidur anak. Ada pula Cantata BWV 156 karya dari J. S. Bach yang bisa Bunda putarkan menjelang bayi tidur. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Toronto University menyebutkan bahwa lagu-lagu pengantar tidur, termasuk musik klasik yang lembut, punya karakteristik yang sama dengan saat Bunda berbicara atau bernyanyi ke si Kecil. Ini yang membuat sering dipilihnya musik klasik untuk bayi tidur, termasuk untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Saat berbicara atau bernyanyi ke bayi, Bunda akan meninggikan nada, menyederhanakan kontur bicara, memperluas jangkauan nada, serta berbicara perlahan dan berulang-ulang. 

Karakteristik serupa dapat dijumpai di musik klasik yang lembut, yaitu komposisi musik yang ringan, kontur bicara yang lembut, dan serta tempo yang lambat. 

Memasukkan Musik Klasik dalam Rutinitas Tidur Bayi

musik klasik untuk bayi

Setelah mengetahui manfaat musik klasik untuk bayi tidur, mungkin Bunda jadi tergerak untuk memutarkan musik klasik menjelang waktu tidur bayi. Bunda tak sendiri, karena ada banyak orang tua melakukan hal yang sama. 

Ini beberapa tips yang dapat Bunda terapkan jika ingin memasukkan musik klasik dalam rutinitas tidur bayi: 

  • Buatlah playlist berisi lagu-lagu pengantar tidur bayi, termasuk di dalamnya musik klasik yang lembut dan cocok untuk pengantar tidur bayi. Tentu saja, Bunda harus coba-coba dulu dan melihat reaksi bayi untuk akhirnya bisa membuat playlist berisi lagu-lagu yang disukainya.
  • Putar playlist pada waktu yang sama setiap malam. Memiliki rutinitas dan kebiasaan akan memberi efek yang bagus untuk bayi. Selain itu, memutarkan lagu-lagu yang sama setiap harinya akan membantu bayi lebih relaks dan cepat tertidur.
  • Perhatikan suara yang keluar dari speaker. Pastikan nyaman untuk didengarkan dan volumenya tidak terlalu kencang.

Bunda menyanyikan atau menyenandungkan sendiri musik klasik akan membawa efek positif, baik bagi Bunda dan bayi. Ini dapat membantu Bunda dan bayi lebih relaks setelah beraktivitas seharian. 

Selain itu,  menggendong bayi dan mengayun-ayunkannya seiring irama musik yang Bunda senandungkan dapat meningkatkan bonding Bunda dengan bayi.

Manfaat Lain Musik Klasik bagi Bayi

Selain untuk membantu bayi tertidur dengan cepat dan tidurnya berkualitas, musik klasik juga punya beberapa manfaat lainnya untuk anak lho, Bunda. 

Menurut UNICEF, rutin memutarkan musik jenis apa pun ke bayi dapat memicu semua bidang perkembangan anak, termasuk musik klasik. Mengekspos si kecil ke musik sejak awal dapat membantunya tumbuh dengan optimal. 

Manfaat-manfaat berikut ini bisa didapatkan si Kecil jika rutin mendengarkan musik, termasuk musik klasik:

  • Memperdengarkan musik klasik sejak bayi masih di dalam kandungan dapat membantu perkembangan otaknya.
  • Membantu anak di bidang penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.
  • Membantu anak siap belajar di sekolah. 
  • Membantu meningkatkan keterampilan matematika dan mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah.
  • Terlibat dalam aktivitas yang menggunakan musik dapat membantu meningkatkan interaksi sosial anak.

Jadi, Bunda tak perlu ragu lagi menggunakan musik klasik untuk bayi tidur serta untuk manfaat-manfaat lainnya bagi bayi.

Sumber:

UNICEF. How Music Affects Your Baby’s Brain: Mini Parenting Master Class.

Sleep Foundation. 2021. Music and Sleep.

Your Classical. 2014. The Science of Sleep: How Relaxing Music Work.

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *