Kenali Apa itu Doula, Si Pendamping Persalinan

Pernahkah Bunda merasakan rasa takut yang berlebihan ketika membayangkan proses bersalin nanti? Atau Bunda merasa butuh bantuan ekstra dari seseorang ketika menghadapi persalinan? Karena rasanya mungkin dokter, bidan, maupun suami kurang bisa memberikan dukungan yang tepat untuk Bunda. 

Saatnya Bunda harus berkenalan dulu dengan sosok pendamping persalinan profesional, Doula. Mungkin juga beberapa Bunda sudah pernah mendengar soal Doula dan jasa apa saja yang bisa ditawarkan seorang Doula. Namun artikel ini akan membahas lebih lanjut apa itu Doula dan mungkin bisa jadi pertimbangan Bunda untuk menyewa jasa Doula.

Apa itu Doula?

Doula adalah orang yang memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama kehamilan dan persalinan. Doula bukanlah seorang tenaga profesional medis. Mereka bukan orang yang akan melakukan tindakan medis saat persalinan. Seorang Doula bersertifikat telah mengikuti program pelatihan dan lulus ujian tentang cara membantu ibu hamil dan keluarganya.

Apa yang Doula Lakukan untuk Bunda?

Doula dapat melakukan peran yang berbeda, tergantung pada kebutuhan Bunda.  Doula persalinan atau sesudah kelahiran memberikan perawatan terus menerus selama persalinan. Ada juga, Doula yang mendukung ibu hamil untuk mencegah persalinan prematur. 

Doula pasca melahirkan mendukung ibu baru selama beberapa minggu pertama setelah kelahiran. Mereka membantu merawat dan memberi makan bayi dan tugas-tugas rumah tangga. Simak beberapa layanan Doula di sini yuk, Bunda: 

Sebelum melahirkan:

  • Bertemu dengan Bunda selama trimester kedua atau ketiga untuk berkenalan
  • Mengajarkan Bunda keterampilan relaksasi dan pernafasan
  • Menjawab pertanyaan Bunda tentang proses melahirkan
  • Membantu Bunda memahami prosedur persalinan serta kemungkinan komplikasi
  • Membantu Bunda mengembangkan rencana persalinan

Selama persalinan:

  • Tetap bersama Bunda terus-menerus untuk memberikan kenyamanan dan dukungan emosional
  • Membantu dengan pijatan dan sentuhan untuk membantu Bunda rileks dan beristirahat
  • Membantu Bunda mendapatkan posisi yang nyaman
  • Membantu Bunda mendapatkan nutrisi dan cairan yang cukup
  • Membantu komunikasikan preferensi Bunda kepada staf medis
  • Melibatkan dan meyakinkan calon Ayah secara mental

Setelah melahirkan:

  • Memberikan dukungan dan dorongan kepada Bunda dan Ayah setelah membawa pulang si Kecil.
  • Mengajari Bunda dan Ayah cara merawat bayi baru lahir
  • Membantu memperlancar proses menyusui
  • Membantu Ayah dan saudara lainnya dan untuk memberikan dukungan kepada Bunda
  • Memastikan Bunda banyak istirahat, makan teratur, tetap terhidrasi, dan nyaman

Mengapa Bunda Butuh Doula?

Seorang Doula dapat membantu Bunda dan calon Ayah memiliki pengalaman melahirkan yang positif dan aman. Selama persalinan, seorang Doula dapat mengambil alih pelatihan sesekali untuk memberi Ayah istirahat.

Jika diinginkan, seorang Doula dapat sepenuhnya membebaskan calon Ayah dari tugas pembinaan—dan dari keharusan mengingat instruksi dari kelas persalinan Bunda. Jadi Ayah dapat menikmati prosesnya dan fokus untuk mendukung Bunda secara emosional.

Ada sebuah studi menunjukkan, bahwa ibu hamil yang menggunakan Doula memiliki persalinan yang lebih pendek, cenderung tidak menjalani operasi caesar, meminta lebih sedikit obat penghilang rasa sakit, dan memiliki pengalaman melahirkan yang lebih positif. Bunda yang menggunakan Doula setelah melahirkan juga lebih berhasil dengan proses menyusuinya, lho.

Beberapa Contoh Jasa Doula

Setelah membaca tentang apa itu Doula, apakah Bunda tertarik dengan jasa Doula? Berikut beberapa rekomendasi contoh jasa Doula yang ada di Indonesia:

Amani Birth

Amani Birth menawarkan beberapa jasa Doula di seluruh Indonesia dari Jakarta, Bandung, Blitar, Bekasi, Tangerang, Yogyakarta, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Amani Birth juga memberikan profil-profil para Doula bersertifikasi yang bisa Bunda pilih untuk menjadi pendamping persalinan Bunda.

Nujuh Bulan Studio

Nujuh Bulan Studio cukup terkenal di Jabodetabek dan menawarkan berbagai macam layanan Doula. Beberapa layanan yang ditawarkan antara lain Pregnancy Doula, Birth Doula, dan Postpartum Doula, Grief/Bereavement Doula, dan Fertility Doula.

Teman Lahiran

Teman Lahiran juga merupakan jasa Doula yang menawarkan berbagai macam layanan sejak Bunda masih dalam masa kehamilan hingga persalinan. Bunda bisa langsung WhatsApp ke nomor 087878833559 untuk berdiskusi langsung mengenai jasa Doula.

Sumber:

WebMD. 2019. What is a Doula

The Conversation. 2019. What is a Doula and How do They Help Women Giving Birth

Parents. 2015. You Have a Doctor, So Why Get a Doula?

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *