Kenali Hepatitis Akut, Hepatitis Misterius yang Perlu Diwaspadai

Blood sample for hepatitis virus test

Saat ini dunia kesehatan kembali digemparkan dengan penyakit misterius, yaitu hepatitis akut atau sering juga disebut dengan hepatitis misterius. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak, mulai dari anak usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Sampai saat ini penyebab hepatitis misterius belum diketahui secara pasti. Namun, karena memiliki efek peradangan hati, maka kedokteran menganggap penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling mendekati hepatitis.

Bahaya Hepatitis Akut

Dilansir dari detik.com (14 Mei 2022) jumlah kasus hepatitis misterius di Indonesia tercatat ada 18 kasus suspek.

Penyakit ini perlu diwaspadai karena beberapa anak-anak di Inggris dan USA ditemukan meninggal karena hepatitis misterius.

Sampai saat ini belum ditemukan juga penyebab kematian. Karena beberapa anak yang dirawat dan dicurigai menderita hepatitis akut bisa sembuh, sementara beberapa lagi masih dirawat sampai saat ini.

Gejala Hepatitis Akut

Para dokter yang meneliti penyakit ini juga mengatakan hepatitis misterius berbeda dengan hepatitis jenis lainnya. Penelitian menyatakan tidak menemukan virus hepatitis A,B,C,D, dan E di dalam hepatitis misterius. Namun, gejala yang ditunjukkan penderita hampir mirip dengan gejala hepatitis A ataupun B. Adapula ciri-ciri penderita hepatitis akut, antara lain:

  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Kadang disertai demam ringan
  • Air seni berwarna pekat seperti teh 
  • Feses berwarna putih pucat

Fungsi hati yang awal dinilai dari pemeriksaan laboratorium darah yaitu SGOT/PT, biasanya akan meningkat lebih dari 500 pada kasus hepatitis misterius.

Pengobatan Hepatitis Akut

Hepatitis C viral disease vaccine under research

Karena sampai saat ini masih belum diketahui secara jelas virus penyebab hepatitis misterius, maka belum ada 100% pengobatan yang pasti bisa menyembuhkan. Pasien akan tirah baring, dan mendapatkan obat untuk memperbaiki fungsi hati, serta obat lainnya untuk mengurangi gejala.

Pencegahan Hepatitis Akut

Karena hepatitis akut diteliti memiliki perbedaan dengan hepatitis A dan B, maka vaksin hepatitis A dan B tidak berlaku untuk mencegah hepatitis akut. Oleh sebab itu, para orang tua dihimbau untuk melakukan pencegahan sementara, yaitu:

  1. Memastikan anak mencuci tangan setelah melakukan aktivitas saat berada di luar ruangan
  2. Memakai masker saat pergi ke luar
  3. Menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan
  4. Tidak jajan sembarangan, atau memasak kembali makanan yang dibeli dari luar
  5. Memastikan makanan yang dimakan matang sempurna
  6. Mengurangi aktivitas di luar rumah

Semoga artikel ini membantu para orang tua untuk menjaga anak-anak tetap aman dan terhindar dari hepatitis misterius. Waspada boleh, tetapi tak perlu panik dan tetap ikuti prosedur kesehatan yang ada ya, Bun!

Sumber

Healthline. 2022. WHO Says at Least 650 Children Have Developed Mysterious Hepatitis

Kontan. 2022. 7 Gejala Awal dan Lanjutan Hepatitis Akut Misterius, Kenali dari Sekarang!

Detik Health. 2022. Kemenkes Laporkan 18 Kasus Dugaan Hepatitis Misterius, Terbanyak dari DKI

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *