Kenapa Ibu Hamil Wajib Minum Vitamin Prenatal?

Saat memasuki trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan, Bumil wajib memenuhi nutrisi yang seimbang untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil. Tubuh Bunda saat hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi seperti asam folat dan zat besi dari biasanya yang tidak bisa dipenuhi sepenuhnya melalui makanan. 

Karena itu, penting bagi Bumil  untuk minum vitamin prenatal agar melengkapi seluruh nutrisi. Nutrisi ini sangat penting untuk mendukung perkembangan optimal pada bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)-nya.

Mengapa Minum Vitamin Prenatal Penting untuk Ibu Hamil?

Vitamin prenatal diformulasikan khusus untuk ibu hamil yang memiliki lebih banyak zat besi, kalsium, dan asam folat daripada multivitamin biasa, karena kebutuhan nutrisi tubuh Bumil juga berbeda dengan biasanya. Konsumsi vitamin prenatal sudah terbukti bisa menurunkan bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR). Umumnya, Bumil memerlukan zat besi dan asam folat yang lebih banyak karena:

  • Asam folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf. Cacat ini merupakan kelainan serius pada otak janin dan sumsum tulang belakang. 
  • Zat besi mendukung perkembangan plasenta dan janin. Zat besi membantu tubuh Bunda membuat darah untuk memasok oksigen kepada janin. Zat besi juga membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Selain asam folat dan zat besi, berikut beberapa manfaat penting vitamin dan mineral yang ada pada vitamin prenatal:

  • Kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, menyokong fungsi otot, dan menurunkan risiko preeklamsia
  • Vitamin A untuk membentuk kulit dan penglihatan yang sehat dan membantu pertumbuhan tulang, dan sistem imun
  • Vitamin C untuk memperkuat gusi, gigi, dan tulang sehat, membantu tubuh Bunda lebih mudah menyerap zat besi.
  • Vitamin D untuk membantu mengatur kadar kalsium, meningkatkan penglihatan dan kulit yang sehat
  • Vitamin E untuk kekebalan tubuh dan gen
  • Vitamin B6 untuk membantu menyerap protein, lemak, dan karbohidrat
  • Vitamin B12 untuk menjaga sistem saraf dan membentuk sel darah merah
  • Yodium membantu perkembangan tiroid dan otak janin
  • Asam lemak Omega-3 untuk membantu meningkatkan perkembangan otak bayi

Bagaimana Memilih Vitamin Prenatal Terbaik?

konsumsi obat saat hamil

Hampir semua dokter atau bidan sudah memberikan resep vitamin prenatal untuk Bunda yang sedang hamil, namun bagaimana jika tidak? Bunda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memilih vitamin prenatal yang terbaik bagi Bunda. 

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih vitamin prenatal? Bunda perlu memeriksa kandungan yang ada dalam vitamin prenatal tersebut. Vitamin prenatal terbaik biasanya mengandung asam folat, kalsium, zat besi, Vitamin A, D, E, B1, B2, B3, B6, B12, C, magnesium, yodium, seng, dan Omega-3 seperti OSFIT Platinum!

OSFIT Platinum sudah terbukti sebagai vitamin prenatal yang mendukung tumbuh kembang janin dan membantu memenuhi kebutuhan mikronutrien ibu hamil. Tak hanya itu, OSFIT Platinum juga bisa dikonsumsi Bunda ketika sedang program hamil dan menyusui, lho!

Saat menyusui, OSFIT Platinum bisa membantu pemulihan tubuh Bunda setelah melahirkan dan memenuhi kebutuhan mikronutrien pada ASI! OSFIT Platinum merupakan vitamin prenatal lengkap dan adekuat yang mengandung 10 vitamin, 5 mineral plus, dan omega-3. Cukup diminum satu kali sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin Bunda selama masa kehamilan. 

klik gambar

OSFIT Platinum juga sudah tersedia di e-commerce favorit Bunda. Yuk, optimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan rutin minum OSFIT Platinum!

Sumber

WebMD. 2020. Prenatal Vitamins

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). 2015. Nutrition During Pregnancy 

Mayo Clinic. 2019. Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *