9 Tips Mudah Agar Bisa Menabung Setiap Bulan

Menabung sering menjadi hal yang terlupakan bagi sebagian orang. Padahal, menabung harus dijadikan prioritas utama apalagi jika Bunda sudah berkeluarga. 

Dengan banyaknya pengeluaran sehari-hari, menabung memang menjadi tantangan tersendiri. Banyak alasan yang membuat seseorang mungkin kesulitan menabung. 

Namun, penting diingat, tabungan sangat dibutuhkan untuk berbagai hal, mulai dari tujuan di masa depan seperti pendidikan anak hingga biaya darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Agar tidak menjadi beban tersendiri bagi Bunda, ada baiknya Bunda mencoba beberapa tips menabung berikut ini.

  • Menetapkan anggaran prioritas

Anggaran prioritas ini merupakan pengeluaran rutin yang sudah pasti setiap bulannya. Dengan menetapkan anggaran prioritas setiap bulannya, Bunda dapat memperkirakan anggaran yang masih tersisa dan bisa disisihkan untuk ditabung. 

  • Catat setiap pengeluaran yang ada

Tips kedua adalah tips menabung ibu rumah tangga, yaitu dengan mencatat pengeluaran tiap bulan. Bunda jadi tahu apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas dan lebih dihemat. Misalnya saja biaya untuk makan, hiburan, atau belanja kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, ke depannya Bunda pun bisa menyisihkan sebagian uang dari penghematan pengeluaran tersebut.

  • Menabung dalam jumlah yang kecil 

Tips menabung ibu rumah tangga lainnya adalah dengan menabung dalam jumlah kecil. Hal ini dapat menciptakan kebiasaan menabung juga bagi Bunda. Cukup sisihkan uang kecil misalkan 5000 sisa kembalian atau  sehari cukup 2000 ribu saja. Bisa juga Bunda mengumpulkan uang-uang koin dan memasukkannya ke dalam celengan. Dengan nominal kecil seperti ini, mungkin Bunda bisa lebih mudah melakukannya. 

  • Sisihkan tabungan di awal saat Bunda menerima gaji atau memperoleh penghasilan

Tips menabung lainnya adalah dengan menyisihkan uang di awal saat Bunda menerima gaji atau penghasilan. Dengan cara ini, Bunda dijamin akan lebih konsisten menabung. Idealnya, uang penghasilan yang disisihkan untuk ditabung adalah sebanyak 10-20%. 

Namun, tentu saja angka ini tidak mutlak dan kembali lagi pada kebutuhan masing-masing orang. Sekecil apapun itu, setidaknya ada uang penghasilan yang ditabung dibandingkan tidak sama sekali. 

  • Buat rencana tujuan menabung

Buat rencana atau tujuan menabung. Dengan begitu, Bunda aman lebih semangat untuk terus menabung. Misalnya saja, menabung untuk membeli motor, rumah, liburan, atau uang sekolah anak.

  • Tentukan dimana tabungan tersebut akan disimpan

Tempat paling aman untuk menabung tentu saja di bank. Selain menabung, Bunda juga akan memperoleh bunga dari tabungan yang Bunda miliki. Selain menabung di tabungan biasa, Bunda juga bisa melakukan investasi jangka panjang dengan menabung di deposito, reksadana, atau obligasi.

Bunga yang diberikan lebih besar dan ada jangka waktu juga sampai uang bisa diambil. Hal ini jadi memaksa Bunda untuk tidak sembarangan mengambil tabungan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. 

  • Dahulukan untuk melunasi hutang

Bila Bunda memiliki hutang, akan lebih baik untuk melunasi hutang-hutang terlebih dahulu sebelum menabung. Setelah terbebas dari hutang, Bunda jadi lebih bebas mengalokasikan uang untuk ditabung. 

Namun, setelah semua hutang dilunasi, pastikan untuk tidak kembali berhutang. Cari tahu tips-tips lain supaya Bunda bisa bebas dari hutang.

  • Hindari penggunaan kartu kredit atau KTA

Saat ini, tawaran cicilan kartu kredit atau KTA memang sangat menggiurkan. Namun, jika Bunda terperangkap di dalamnya, uang yang harusnya bisa dialokasikan untuk ditabung jadi malah harus dibayarkan untuk membayar tagihan kartu kredit atau cicilan KTA. Jadi, sebaiknya tahan keinginan untuk mengambil keduanya bila Bunda sendiri masih belum bisa mengatur pengeluaran.

  • Hindari juga pengeluaran impulsif

Hal ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Umumnya, kebanyakan orang mengambil pinjaman KTA atau kartu kredit hanya untuk pengeluaran impulsif, seperti membeli mainan anak, baju, atau makan di restoran mahal. Hal ini bisa dihindari demi tujuan di masa depan yang lebih baik. 

in partnership with MoneyDuck Indonesia

Artikel ini telah ditinjau oleh Alexander F. Junior, Registered Financial Planner. Jika Bunda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai finansial dan perencanaan yang tepat, silakan ajukan konsultasi gratis langsung dengan Alexander [di sini]

Sumber

Yahoo Finance. 2021. 34 Savings and Money-Making Tips for Moms

Clever Girl Finance. 2022. 25 Ideas For How To Save Money Each Month

A Cultivated Nest. 2009. Top 10 Money Saving Tips For Moms – Living On A Budget

By Alexander F. Junior, RFP

Registered Financial Planner

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *