5 Tips Efektif untuk Menabung Biaya Persiapan Kelahiran si Kecil

Kehamilan Bunda tentu akan menjadi sumber kebahagiaan khususnya bagi Bunda dan pasangan. Namun tak bisa dipungkiri, biaya persiapannya salah satunya persalinan yang setiap tahunnya semakin mahal pasti menjadi salah satu kekhawatiran yang selalu menghantui.

Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika menanti kedatangan si Kecil seperti biaya persalinan, perlengkapan bayi, popok, hingga mungkin biaya untuk membayar jasa asisten rumah tangga. Lalu bagaimana cara menabung yang efektif untuk biaya persiapan? Yuk, simak tipsnya di bawah ini, Bun!

1.    Buat rencana pengeluaran/ perkiraan biaya

Sebelum menabung, penting bagi Bunda untuk mengetahui berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk persiapan si Kecil. Bunda dapat membuat anggaran perkiraan biaya secara rinci mulai dari biaya rumah sakit sampai segala perlengkapan bayi yang nanti dibutuhkan.

Lakukan survey seputar biaya persalinan yang dibutuhkan di rumah sakit terdekat dan juga bidan. Dengan cara ini, Bunda dapat memilih fasilitas kesehatan mana yang cocok dengan kondisi finansial Bunda. Jika Bunda berencana untuk melahirkan secara normal, jangan lupa juga untuk bertanya seputar biaya persalinan caesar sebagai antisipasi jika tindakan ini mendadak dibutuhkan.

2.    Pilih fasilitas kesehatan yang terjangkau

Bunda pasti tahu bahwa biaya persalinan di rumah sakit cukup menguras kantong jika Bunda tidak menggunakan fasilitas BPJS. Untuk itu, jika Bunda berencana untuk melahirkan secara normal dengan harga yang lebih terjangkau, Bunda dapat memilih alternatif tempat bersalin lain dengan harga yang cukup bersahabat seperti puskesmas, bidan, atau klinik bersalin.

Namun, jangan lupa memastikan bahwa tempat tersebut terpercaya dan memiliki fasilitas yang memadai untuk persalinan. Bunda pun dapat meminta rekomendasi tempat bersalin dengan harga yang terjangkau ke tetangga sekitar, teman, atau kerabat agar Bunda dapat memilih tempat bersalin yang cocok di kantong Bunda.

3.    Berhemat

Tips selanjutnya dalam menabung untuk biaya persalinan adalah dengan berhemat. Cara ini cukup efektif jika Bunda dapat melakukannya dengan konsisten. Berhemat dapat Bunda lakukan dengan mengurangi belanja hal-hal yang kurang penting serta mengurangi kebiasaan jajan makanan di luar.

Biasakan untuk memasak di rumah agar Bunda tak perlu membeli makanan yang sudah jadi. Selain lebih hemat, makanan yang dimasak sendiri di rumah tentu akan lebih bergizi sehingga kehamilan Bunda pun menjadi lebih sehat.

4.    Susun skala prioritas

Agar Bunda dapat lebih mudah menyisihkan uang untuk ditabung, susunlah skala prioritas kebutuhan rumah tangga sehingga Bunda dapat menyingkirkan keperluan yang kurang penting. Utamakan segala kebutuhan yang berkaitan dengan kehamilan serta persalinan seperti biaya konsultasi ke dokter, vitamin kehamilan, dan tabungan biaya persalinan.

Jika sebelumnya Bunda dan pasangan punya rencana untuk berlibur atau memberi barang mewah, Bunda dapat mengalokasikan dana ini untuk tabungan persalinan yang jauh lebih penting.

5.    Pisahkan tabungan persiapan si Kecil

Saat mengetahui bahwa Bunda positif hamil, ajak pasangan Bunda untuk mulai menabung dan buat komitmen agar kebiasaan ini dapat dilakukan secara konsisten. Bunda dapat memisahkan tabungan persalinan dengan tabungan lainnya agar lebih terpantau dan tidak tercampur.

Tabungan persiapan ini juga perlu Bunda bagi ke dalam tiga bagian yaitu biaya pra persalinan (biaya cek kandungan rutin, vitamin kehamilan, dan kebutuhan kehamilan), biaya persalinan (biaya melahirkan dan perawatan bayi di rumah sakit), serta biaya pasca persalinan (biaya imunisasi, perlengkapan bayi, atau acara keagamaan khusus bayi baru lahir). 

Menabung di bank digital bisa jadi pilihan Bunda. Selain banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan, Bunda bisa lebih mudah mengontrol kapan uang ini akan dikeluarkan atau disimpan. Seperti fitur-fitur menarik dari Danamon Save Bunda dapat menikmati bunga dalam jika memiliki saldo sebesar Rp500.000 saja, lho.

klik gambar

Tabungan Danamon Save adalah salah satu produk tabungan dalam rupiah yang diperuntukan khusus bagi nasabah perorangan. Selain itu, Danamon Save juga memberikan keuntungan cashback top up e-wallet, cashback di merchant online maupun offline

Sumber

Very Well Family. 2021. How to Save Money When Having a Baby

Parents. 2021. 27 Ways to Save Money When You Have a Baby

Living Well Spending Less. 2020. How to Cut the Cost of Having a Baby

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *